Resep Sup Ikan Sajian Sehat dan Nikmat Untuk Kerabat

Resep Sup Ikan Gurame yang Lezat

Resep Sup Ikan Sajian Sehat dan Nikmat Untuk Kerabat

Bahan-Bahan:

  • 500 gram ikan gurame
  • 2 tangkai daun kemangi, dipetiki
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 100 gram wortel, dipotong-potong
  • 5 butir bawang merah, diiris tipis
  • 4 siung bawang putih, diiris tipis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1.000 ml air
  • 3/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membersihkan Ikan Gurame:

  1. Penting sekali sebelum kita membuat hidangan kali ini untuk terlebih dahulu membersihkan ikan gurame yang ada pada resep. Hal ini penting sekali untuk dilakukan agar nantinya hidangan yang kita olah dapat menjadi sajian yang lezat dan tentunya sehat untuk dikonsumsi.
  2. Untuk membersihkan ikan kali ini lakukan dengan terlebih dahulu memasukkan ikan kedalam wadah untuk memudahkan anda membersihkan sajian kali ini.
  3. Ditempat cucian anda akan dapat membersihkan sajian ini dengan mengucurkan dibawah air. Lalu awali dengan membersihkan sisik ikan secara merata dengan menggunakan pisau secara merata.
  4. Setelah sisik dibersihkan secara merata, lanjutkan langkah kali ini dengan membersihkan insang pada ikan secara merata. Caranya, silahkan kait insang ikan dengan menggunakan dua jari lalu tarik dan bersihkan secara merata dengan merata.
  5. Bila sudah selesai dengan insang dan sisik ikan, kali ini anda akan dapat membersihkan bagian isi perut ikannya secara merata. Caranya adalah dengan membelah bagian perut ikan secara merata.
  6. Kemudian setelah itu, keluarkan isi ikan dengan perlahan dan hati-hati. Cara ini penting dilakukan agar empedu pada ikan tidak pecah yang akan membuat daging ikan menjadi pahit.
  7. Bila sudah selesai, kemudian fillet ikan dan pisahkan antara daging dengan tulangnya. Setelah selesai masukkan daging ikan didalam wadah dan pisahkan tulangnya secara merata.
  8. Kucuri daging ikan dengan kucuran air jeruk lemon dan berikan pula sedikit taburan garam. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada daging dan tulang ikan. Setelah selesai sisihkan sementara sebelum anda mencampurnya menjadi hidangan sup. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan sisihkan.

Cara Membuat Resep Sup Ikan Sajian Sehat dan Nikmat Untuk Kerabat;

  1. Untuk membuat hidangan sup ikan kali ini silahkan lakukan dengan memotong daging ikan dengan bentuk kotak dan sisikan sementara.
  2. Setelah itu, panaskan sebuah wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukkan minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  3. Kemudian setelah itu, masukkan bawang putih bersama dengan bawang merah kedalamnya. Dan tumis sajian ini sampai harum dan aduk-aduk secara merata sampai tercium bau harum yang enak dan lezat.
  4. Kemudian masukkan air kedalamnya dan didihkan secara merata sampai benar-benar panas dan mendidih. Cara ini dilakukan agar nantinya sajian sup ikan tidak tercium bau amis.
  5. Baru setelah itu, masukkan wortel bersama dengan merica bubuk dan juga garam serta gula pasir. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur dan teraduk.
  6. Masak sajian ini sampai matang. Lalu anda akan dapat memasukkan ikan gurame kedalamnya. Tambahkan pula daun bawang bersama dengan air jeruk nipis dan aduk-aduk secara merata.
  7. Lalu masak hidangan ini sampai mendidih dan tambahkan daun kemangi kedalamnya. Aduk-aduk bahan ini sampai tercampur merata.
  8. Masak sebentar sampai bumbu meresap kedalamnya dengan merata. Kemudian angkat dan sajikan hidangan ini dalam mangkuk saji. Untuk selanjutnya anda akan dapat manikmati sajian ini selagi masih hangat.

Resep Membuat Sup Ikan Tenggiri yang Istimewa

Resep Sup Ikan Sajian Sehat dan Nikmat Untuk Kerabat

Bahan-Bahan:

  • 300 gram ikan tenggiri
  • 1 sendok teh air jeruk lemon
  • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 4 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 2 lembar daun pandan, diiris
  • 750 ml air
  • 50 gram daun kemangi
  • 3 batang serai, memarkan, diiris halus
  • 1 lembar daun kunyit, diiris
  • 1 buah tomat, dipotong-potong

Bumbu Sup yang Dihaluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 sendok teh garam
  • 3 buah cabai rawit merah keriting
  • 2 cm kunyit, dibakar, dicincang
  • 6 butir kemiri, disangrai

Cara Membersihkan Ikan Tenggiri:

  1. Penting sekali mengetahui bagaimana cara membersihkan ikan terlebih dahulu. Karena tentunya kita ingin jika sajian masakan kali ini dibuat dengan bahan-bahan yang higienis dan bersih. Untuk itu maka silahkan pastikan anda akan dapat membersihkan sajian ini secara merata.
  2. Masukkan ikan kedalam wadah dan bawa ikan ke tempat cucian. Di tempat cucian silahkan bersihkan sajian ini secara merata.
  3. Mulai dari membersihkan lendir yang ada pada badan ikan. Hal ini akan dapat anda bersihkan dengan menaburkan garam pada badan ikan secara merata. Lalu gosok-gosok secara merata.
  4. Setelah selesai dengan lendir ikan, selanjutnya silahkan bersihkan insang ikan dengan bersih. Caranya anda bisa mencapit insang ikan dengan menggunakan kedua jari secara merata. Lalu keluarkan dengan cara menarik insang sampai putus.
  5. Kemudian setelah itu, bersihkan pula isi perut ikan sampai bersih. Caranya, anda akan dapat mengerat bagian bawah perut ikan secara merata. Lalu keluarkan isi perut ikan dengan perlahan.
  6. Lalu bersihkan bagian dalamnya dengan dikucurkan dibawah air yang mengalir. Pastikan anda membersihkan dan mengeluarkan isi perut ikan secara merata.
  7. Bila sudah dibersihkan merata silahkan masukkan ikan kedalam wadah dan sisihkan sementara. Tiriskan pula air cuciannya secara merata dan sisihkan.
  8. Sementara itu, anda bisa memotong daging ikan tenggiri dengan bentuk sesuai dengan badan ikan. Seperti saat anda hendak membuat steak ikan.
  9. Bila sudah selesai masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara. Anda bisa mengucurkan air perasan jeruk nipis dalam daging ikan dan sedikit taburan garam.
  10. Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit agar bumbu ini meresap kedalam ikan secara merata. Pemberian bumbu ini dilakukan untuk menghilangkan bau amis yang ada pada ikan.

Cara Membuat Sup Ikan Tenggiri yang Istimewa:

  1. Untuk membuat hidangan sup kali ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah panci terlebih dahulu. Kemudian masukkan air kedalamnya dan letakkan panci diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
  2. Kemudian rebus air sampai matang dan mendidih secara merata. Lalu masukkan bumbu halus kedalamnya bersama dengan pandan, daun jeruk dan juga kunyit. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai sajian ini tercampur dan teraduk.
  3. Kemudian tambahkan serai bersama dengan daun kemangi dan daun bawang juga tomat. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga mendidih dan tercampur.
  4. Baru setelah itu, masukkan ikan tenggiri kedalamnya dan masak hidangan ini sampai matang dan merata.
Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons