Resep Sponge Cake Coklat Lembut

Resep Sponge Cake Coklat Lembut – Sponge cake memiliki tekstur seperti sponge, berpori dan lembut. Sponge cake yang lembut dan nikmat tidak hanya bisa kita cicipi di toko kue. Anda bisa berkreasi sendiri membuat sponge cake di rumah. Rasa coklat membuat sajian kue ini semakin lezat. Teksturnya yang lembut tentu akan memanjakan lidah. Mari simak resep dan cara membuat sponge cake cokelat lembut di bawah ini.

Resep Sponge Cake Coklat Lembut

Langkah pembuatan sponge cake diawali dengan mengocok gula dan telur hingga adonan mengembang. Kemudian memasukan tepung-tepung kering. Selanjutnya memasukan margarin leleh dan bahan lainnya. Jika adonan sudah selesai dibuat, kemudian dimasukan dalam loyang dan dipanggang dengan oven hingga matang.

Sajian Dessert
Masakan Indonesian
Keyword Cake, kue bolu, sponge cake
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 1 jam
Porsi 16 potong
Kalori 297.1 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 8 kuning telur
  • 100 gram gula pasir
  • 80 gram tepung terigu protein sedang
  • 3 putih telur
  • 20 gram maizena
  • 1/2 sdt pasta cokelat
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt baking powder
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 75 gram mentega tawar yang sudah dilelehkan
  • 20 gram susu bubuk

Langkah-langkah

Cara Membuat Sponge Cake Coklat yang Lembut

  1. Jika semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap, sekarang anda bisa langsung membuat sponge cake. Pertama, kocok terlebih dahulu bahan-bahan seperti gula pasir, telur dan garam. Kocok semua bahan-bahan tersebut hingga mengembang.

  2. Selanjutnya silakan tambahkan cokelat bubuk, tepung terigu, maizena, baking powder dan susu bubuk sambil diayak serta diaduk dengan merata.

  3. Setelah itu, silakan masukan mentega leleh serta pasta cokelat sedikit demi sedikit. Masukan bahan tersebut sambil diaduk-aduk dengan perlahan.

  4. Ambil loyang berukuran diameter 20 cm dan tinggi 7 cm. Lalu olesi loyang dengan menggunakan margarin, serta alasi dengan menggunakan kertas roti.

  5. Kemudian adonan yang sudah anda buat tersebut silakan tuangkan ke dalam loyang.

  6. Panaskan oven. Lalu oven adonan dengan menggunakan api bawah dan suhu 180 derajat Celcius hingga matang atau selama kurang lebih 30 menit.

  7. Apabila sudah matang anda bisa mengeluarkannya dari oven. Tunggu selama beberapa saat hingga dingin.

  8. Lalu potong-potong menjadi 16 bagian.

  9. Terakhir anda bisa menyajikannya pada tempat saji yang sudah disediakan.

Catatan Resep

Tips Agar Sponge Cake Lembut

  • Menggunakan kuning telur yang semakin banyak akan membuat hasil cake menjadi semakin lembut. Selain itu, menambahkan tepung maizena juga bisa dilakukan karena akan membuat cake elastis. Namun, pastikan jumlah maizena tidak lebih banyak dari tepung terigu. Anda bisa menggunakan perbandingan maizena dan terigu 1:4.
  • Agar sponge cake rasanya enak dan teksturnya lembut, maka penting untuk menggunakan panas yang cukup. Menggunakan suhu yang cukup akan membuat cake teksturnya padat di luar, serta di bagian dalamnya lembut. Suhu yang digunakan sesuai dengan tinggi loyang. Jika anda menggunakan loyang dengan tinggi 7 cm, suhu yang digunakan bisa 180 derajat Celcius. Sedangkan untuk loyang lebih pendek atau dengan tinggi sekitar 3 cm, maka bisa menggunakan suhu 19 derajat Celcius.
  • Waktu memanggang cake tidak perlu terlalu lama dan tentu harus disesuaikan dengan tinggi loyang. Tinggi loyang 7 cm, bisa memanggang sekitar 35 hingga 40 menit. Untuk loyang yang lebih pendek atau 3 cm, waktu memanggangnya cukup selama 20 hingga 25 menit.

Sajian sponge cake sudah selesai dibuat. Mari buat dan sajikan untuk keluarga di rumah. Dinikmati dengan teh hangat tentu akan terasa semakin lezat.

Baca juga : Resep Tiramisu Cake Lezat

Leave a Reply

Rating Resep