Resep Serabi Solo

Resep Serabi Solo – Bosan dengan surabi dengan tampilan yang sama? Yuk kita coba buat Serabi Solo! Meskipun bernama serabi, namun sajian yang satu ini memiliki tampilan dan cita rasa yang berbeda loh!

Lalu apa sih bedanya serabi yang sering kita jumpai dengan serabi Solo? Secara seklias saja kita sudah dapat melihat perbedaan antara serabi jawa barat dengan serabi Solo dimana serabi Solo memiliki bentukan bulat dengan lapisan garing di pinggirannya. Selain itu, serabi solo pada umumnya dibuat dengan cita rasa manis yang dihasilkan dari penggunaan gula pada adonannya serta topping yang melengkapinya.

Serabi Solo juga bisa disajikan dengan dua cara yaitu dengan menyajikannya secara langsung (berbentuk bulat) atau digulung dengan daun pisang. Topping yang banyak digunakan diantaranya nagka, pisang, meises, dan keju yang semakin menambah kelezatannya.

Membuat Serabi Solo juga ternyata tidak sulit sama sekali dan anda dapat mencobanya di rumah. Di bawah ini kami sajikan khusus anda resep Serabi Solo yang sangat praktis dan sederhana!

Resep Serabi Solo

Serabi Solo merupakan salah satu jajanan tradisional dengan cita rasa manis dan tekstur yang lembut. Sajian yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan ataupun hidangan penutup. Untuk anda yang sedang kangen menikmati lezatnya serabi Solo namun cukup sulit untuk menjumpainya di daerah anda, jangan khawatir, anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah di rumah! Yuk simak Resep Serabi Solo di bawah ini yang sangat praktis dan sederhana.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, resep serabi solo, serabi solo rumahan
Waktu Memasak 1 hour 45 minutes
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung beras
  • 1,2 liter santan sedang
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 8 helai daun pandan potong-potong
  • 1/4 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok teh garam
  • minyak goreng secukupnya untuk olesan
  • daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan untuk taburan serabi:

  • 4 buah pisang raja kukus sebentar lalu potong dadu atau iris tipis
  • 5 biji nangka potong dadu
  • 4 sendok makan meises cokelat

Langkah-langkah

  1. Siapkan panci berukuran sedang lalu rebus santan, daun pandan, dan garam sampai mendidih. Jangan lupa untuk menimba-nimba santan saat direbus agar tidak pecah.

  2. Matikan api lalu biarkan santan hingga terasa hangat. Pisahkan bagian permukaan santan yang mengental sebanyak 200 ml lalu sisihkan.

  3. Dalam sebuah wadah, campurkan tepung beras, ragi instan, dan gula pasir hingga merata.

  4. Tuangkan setengah bagian santan ke dalam campuran terigu, aduk dan tepuk menggunakan tangan selama kurang lebih 20 menit.

  5. Tuangkan sisa santan ke dalam adonan lalu biarkan selama sekitar 1 jam sampai adonan tampak berbuih.

  6. Siapkan wajan untuk membuat serabi, tuangkan sebanyak satu sendok sayur kecil adonan ratakan dan buat lapisan tipis di bagian pinggirnya dengan menggunakan pungggung sendok.

  7. Diamkan adonan serabi diatas api sedang sampai muncul lubang-lubang kecil pada permukaannya.

  8. Tuangkan 1 sendok makan santan kental ke atas permukaan serabi, taruh bahan isian (nangka, pisang, atau meises) lalu tutup wajan dan diamkan hingga bagian tengah matang dan pinggiran serabi menjadi berwarna cokelat. Ulangi langkah ini sampai adonan terpakai seluruhnya.

  9. Anda dapat menyajikan Serabi Solo langsung diatas piring saji atau membungkusnya dengan menggunakan daun pisang.

Serabi Solo sangat cocok untuk dijadikan cemilan pada sore hari yang ditemani dengan teh hangat!

(Baca juga: Resep Carang Gendis Isi Keju)

Baca Juga  Resep Bolu Kukus Ketan

Tinggalkan komentar

Rating Resep