Resep Serabi Nangka

Resep Serabi Nangka – Dari sekian banyak kue tradisional di Indonesia, kue serabi pasti selalu menjadi salah satu pilihan yang paling digemari. Sudah tidak diragukan lagi, kepopuleran kue serabi sudah banyak dikenal hampir di seluruh penjuru Indonesia.

Banyak yang berpendapat bahwa kue serabi berasal dari Jawa Barat yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan sebagai bahan baku utamanya. Meskipun cita rasa dari serabi sendiri sebenernya cukup sederhana dengan rasa gurih dan tekkstur yang lembut. Untuk memperkaya cita rasanya, serabi biasanya dilengkapi dengan bahan baku tambahan lain sebagai topping atau bahkan saus.

Selain serabi dengan cita rasa asin, anda juga dapat menemukan serabi dengan rasa manis. Biasanya serabi dengan cita rasa manis dibuat dengan bentuk yang lebih kecil dan berwarna hijau dengan aroma pandan. Untuk menambah kelezatannya, serabi manis dapat dilengkapi dengan saus gula merah.

Kali ini, kita akan membuat resep serabi nangka yang tentunya dapat anda jadikan sebagai varian rasa serabi untuk disajikan sebagai cemilan tradisional di rumah!

Resep Serabi Nangka

Salah satu cemilan manis khas Jawa Barat yang sudah banyak dikenal adalah serabi. Kue dengan bahan baku utama tepung beras dan santan ini memang banyak digemari banyak orang karena rasa lezatnya yang sederhana. Kue serabi dapat ditemukan dalam dua pilihan rasa yaotu manis dan asin. Pada resep kali ini, kita akan membuat serabi dengan aroma nangka yang tentunya sangat menggugah selera!

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, resep serabi manis, resep serabi nangka
Waktu Memasak 1 hour 30 minutes
Porsi 15 buah

Bahan-bahan

Bahan utama yang dibutuhkan:

  • 300 gram tepung beras
  • 600 ml santan hangat
  • 200 gram gula pasir
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 100 gram tape singkong halus
  • 3/4 sdt garam
  • 1 sendok teh essens nangka
  • 1/2 sendok teh ragi
  • 30 ml air hangat

Bahan untuk membuat saus gula merah:

  • 300 ml santal kental
  • 50 gram gula merah, sisir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, diikat simpul

Langkah-langkah

Cara membuat serabi:

  1. Pertama kita buat biangnya terlebih dahulu. Siapkan mangkuk kecil, campurkan ragi instant dengan air hangat. Diamkan selama sekitar 10 menit sampai terlihat berbusa.

  2. Dalam wadah terpisah berukuran sedang, campurkan tepung beras, garam, dan tape. Uleni hingga terbentuk adonan yang kalis.

  3. Tuangkan setengah bagian santan secara perlahan-lahan sambil terus diuleni selama sekitar 15 menit hingga benar-benar merata.

  4. Tambahkan gula pasir, uleni terus adonan hingga gula larut.

  5. Tuangkan campuran biang ke dalam adonan, aduk hingga rata.

  6. Masukkan sisa santan, telur yang sudah dikocok lepas, dan essens nangka lalu aduk dengan menggunakan whisk hingga semua bahan tercampur rata. Diamkan adonan selama sekitar satu jam hingga mengembang.

  7. Siapkan wajan atau cetakan serabi lalu panaskan dengan api besar. Tuangkan adonan serabi sebanyak satu sendok sayur, setelah tampak buih-buih kecilkan api lalu tutup cetakan dan tunggu hingga serabi matang. Lakukan langkah ini hingga seluruh adonan habis.

Cara membuat saus gula merah:

  1. Siapkan panci kecil, campurkan semua bahan lalu aduk hingga merata diatas api kecil.

  2. Biarkan hingga dingin.

  3. Sajikan serabi dengan disiram saus gula merah diatasnya.

Aroma nangka pada resep serabi manis diatas tentunya semakin membuat kita ingin segera mencicipinya. Anda dapat menyajikan serabi nangka untuk cemilan atau jamuan pada acara tertentu.

Selamat membuat serabi nangka di rumah!

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Kue Ape Pandan yang Manis, Garing dan Renyah

Tinggalkan komentar

Rating Resep