Resep Sederhana Tumis Oyong Telur yang Gurih dan Lezat serta Cara Membuat

Oyong merupakan sayuran yang kaya akan kandungan serat, jenis sayur ini sangat baik dikonsumsi.

Nah, jika anda bosan dengan menu sayur yang itu-itu saja, tidak ada salahnya jika anda membuat atau mengolah oyong ini di rumah sebagai menu makan bersama keluarga. Selain disayur oyong juga bisa diolah dengan cara di tumis. Tumis oyong merupakan sayur yang terbilang cukup sederhana, namun meskipun begitu tumis yang satu ini disukai oleh banyak orang dari berbagai macam kalangan dan usia.

Anda bisa membuat tumis oyong ini dengan dilengkapi bahan lainnya seperti misalkan telur. Kehadiran tumis oyong telur ini di meja makan akan membuat makan anda menjadi terasa lebih istimewa, mengapa tidak cita rasanya yang lezat dan gurih akan meningkatkan selera dan nafsu makan anda bersama keluarga.

Proses membuat tumis oyong telur mudah dan cepat, bahan dan bumbu yang diperlukannya juga bisa dengan mudah anda dapatkan di pasaran. Penasaran apa saja bahan dan bumbu serta bagaimana cara membuatnya? Jika seperti itu, anda bisa langsung saja simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Resep tumis oyong telur

Nama Resep

Resep Sederhana Tumis Oyong Telur yang Gurih dan Lezat serta Cara Membuat

4.8 201

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Orang

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Tumis Oyong Telur yang Gurih dan Lezat

Bahan Utama Tumis Oyong Telur

  • 300 gram oyong
  • 1 butir telur
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • 100 ml air

Bumbu Tumis Oyong Telur

  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Tumis Oyong Telur yang Gurih dan Lezat

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Oyong Telur

  1. Langkah pertama yaitu, ambil oyong yang telah anda beli. Lalu kupas atau bersihkan oyong tersebut. Potong melingkar oyong dengan ketebalan sesuai yang anda inginkan.
  2. Setelah itu, pecahkan telur yang telah disiapkan. Lalu kocok lepas telur.
  3. Cincang halus bawang putih.

Cara Membuat Tumis Oyong Telur

  1. Pertama-tama langkah yang harus dilakukan yaitu, anda harus menyiapkan wajan atau alat untuk memasak lainnya. Simpan wajan atau alat memasak tersebut di atas kompor. Masukan minyak goreng yang telah anda siapkan secukupnya. Biarkan sampai minyak goreng panas.
  2. Setelah minyak goreng panas, masukan bawang putih yang telah anda cincang tadi. Tumis bawang putih tersebut sampai layu dan mengeluarkan aroma harum.
  3. Kemudian, masukan oyong yang telah anda potong. Aduk merata dan masak sampai oyong setengah layu.
  4. Lalu tambahkan air. Aduk merata dan bubuhi dengan merica bubuk, garam, dan gula pasir. Aduk merata sampai bumbu menjadi larut.
  5. Selanjutnya, tambahkan telur yag telah anda kocok tadi. Tunggu hingga telur masak. Lalu aduk-aduk agar tercampur merata.
  6. Masak kembali sampai bahan matang dan bumbu meresap. Jika telah seperti itu angkat dan sajikan pada piring atau tempat saji yang telah disiapkan.

Tumis oyong telur telah berhasil diolah. Sekarang ini anda bisa langsung menyajikannya di meja makan agar bisa disantap bersama keluarga di rumah.

Itulah resep dan cara membuat tumis oyong telur. Mudah dan simple bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba membuat. Jika anda menyukai resep yang kami sajikan ini jangan lupa untuk membagikan kepada sahabat, teman atau orang-orang yang ada di sekitar anda caranya dengan menekan tombol share. Sertakan pula komentar atau pendapat anda pada kolom di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons