Resep Sederhana Tumis Kangkung Oncom Enak dan Sedap Serta Cara Membuat

Enak, sedap dan gurih itulah hal pertama kali yang akan dirasakan ketika kita menyantap tumis kangkung yang dipadukan dengan bahan pelengkap yakni oncom.

Tumis kangkung oncom ini bisa kita temui di resto yang menyajikan menu hidangan sunda. Namun untuk merasakan sensasi atau kenikmatan tumis kangkung oncom, selain harus membelinya anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah sehingga dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Proses membuat tumis kangkung oncom sangat sederhana dan mudah, komposisi bumbu dan rempah pilihan yang digunkannya akan membuat tumisan ini seperti layakna di resto. Lantas apa saja resep dan bagaimana cara membuatnya?Bagi anda yang sudah tidak sabar ingin membuat dan mencicipinya, maka anda bisa langsung simak sendiri resep dan cara membuat tumis kangkung yang enak dan sedap di bawah ini.

Tumis kangkung oncom

Nama Resep

Resep Sederhana Tumis Kangkung Oncom Enak dan Sedap Serta Cara Membuat

4.9 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Tumis Kangkung Oncom yang Enak dan Sedap

Bahan Utama Tumis Kangkung Oncom

  • 300 gram kangkung
  • 100 gram oncom
  • 200 ml air
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu Tumis Kangkung Oncom

  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas
  • 4 butir bawang merah
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah cabai merah
  • 1 sendok makan tauco
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • Garam secukupnua
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Tumis Kangkung Oncom yang Enak dan Sedap

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Kangkung Oncom

  1. Pertama-tama siangi terlebih dahulu kangkung yang telah disiapkan. Lalu cuci kangkung sampai bersih. Jika sudah tiriskan.
  2. Langkah yang kedua, potong kotak oncom yang telah anda siapkan dengan ukuran kurang lebih 1×1 cm.
  3. Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Lalu memarkan lengkuas dan iris serong cabai merah.

Cara Membuat/Memasak Tumis Kangkung Oncom

  1. Apabila langkah di atas telah selesai anda lakukan, maka anda bisa langsung melanjutkan pada langkah berikutnya. Dimana yang harus dilakukan yaitu panaskan minyak goreng . Jika minyak goreng tesebut telah panas, masukan bumbu seperti misalkan bawang putih dan bawang merah yang telah diiris, lengkuas dan daun salam. Aduk-aduk sampai bumbu-bumbu tersebut layu dan mengeluarkan aroma.
  2. Jika telah mengeluarkan aroma, masukan cabai merah yang telah diiris. Aduk-aduk sampai cabai layu.
  3. Setelah itu, tambahkan oncom. Aduk sampai merata dan biarkan sampai oncom setengah matang.
  4. Kemudian, masukan kangkung. Aduk-aduk kangkung sampai setengah layu.
  5. Tambahkan air dengan takaran seperti yang telah ditentukan. Lalu tambahkan juga bumbu seperti garam, gula pasir dan kaldu ayam bubuk. Aduk sampai bumbu larut. Masak sampai semua bahan matang serta meresap. Jika telah matang, angkat dan sajikan pada piring saji.

Tumis kangkung oncom ini sudah siap disajikan di meja makan untuk disantap bersama keluarga tercinta. Anda bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat. Tidak lupa, bagi anda para pecinta pedas maka anda pun bisa menambahkan sambal agar terasa lebih enak.

Itulah resep dan cara membuat tumis kangkung oncom yang enak dan sedap. Sangat praktis dan mudah bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada teman dan orang yang ada di sekitar andadengan cara klik tombol share yang tersedia. Anda juga bisa memberikan pendapat pada kolom komentar di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons