Resep Sederhana Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau

Pernahkah anda mencoba masakan ikan bilis diolah menjadi masakan balado sambal cabai hijau!

Ikan bilis salah satu ikan yang memiliki bentuknya yang kecil, ikan ini hidupnya di aiar rawa, di danau dan juga di sungai-sungai dengan kebanyakan airanya yang mengalir ikan bilis ini sangat suka hidup di tempat sepertri itu. Meskipun bentuknya yang kecail dan juga warnanya yang putih, ikan bilis ini salah satu ikan yang layak dikonsumsi, karena memang dagingnya yang enak dan gurih, kemudian pada ikan bilis ini terdapat beberapa kandungan, seperti protein yang sangat tinggi, kemudian kandungan omega 3, kalsium dll.

Ikan bilis ini ikan yang biasanya ditangkap oleh para pemancing, karena itu tidak heran ikan bilis ini juga banyak ditemukan di pasar tradisonal dan untuk harganyapun sangat terjangkau. Namun pernahkan anda mendengar ataupun mencoba masakan balado ikan bilis sambal cabai hijau? Sensasi kelezatan ini yang coba kami hadirkan untuk anda, dengan begitu inilah resep sederhana cara membuat balado ikan bilis sambal cabai hijau, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep balado ikan bilis

Nama Resep

Resep Sederhana Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau

4.6 170

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau

Bahan Utama

  • 500 gram ikan bilis segar
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Sambal Hijau

  • 500 ml air putih
  • 10 buah cabai hijau ukuran besar
  • 10 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh air jeruk lemon

Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan bilis disiangi, kemudian bersihkan dan cuci.
  2. Setelah itu siapkan wajan isi minyak goreng kemudian panaskan dengan menggunakan api sedang, kemudian ikan bilis digoreng hingga kering. Angkat dan sisihkan.
  3. Kemudian membuat sambal hijau, dengan cara air direbus hingga mendidih, setelah baru masukan cabai hijau, lalu bawang merah serta bawang putih, diamkan hingga cabai terlihat layu. Angkat dan tiriskan, setelah itu bahan tersebut ditumbuk kasar.
  4. Setelah itu siapkan wajan kembali kemudian beri minyak goreng sebanyak 2 sendok makan, panaskan dengan menggunakan api sedang, lalu tumis bahan cabai tadi yang ditumbuk kasar, tumis hingga harum dan juga matang.
  5. Setelah itu masukan garam dan juga air jeruk lemon, aduk merata, kemudian baru masukan ikan bilis yang sudah digoreng, aduk merata. Matang

Itulah dia Resep Sederhana Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara membuatnya yang sederhana sangat cocok bagi anda sebagai pemula. Balado ikan bilis ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat dan juga beberapa tambahan makanan lainnya berupa tumisan kangkung ataupun masakan lainnya seperti goreng temped an juga tahu sangat cocok untuk melengkap[i makan anda agar semakinj berselera. Dengan mengetahui resep serta cara membuat balado ikan bilis sambal cabai hijau tentunya menambah koleksi didalam menu makan harian keluarga anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Sederhana Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau pada semua teman serta keluarga tercinta anda, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons