Resep & Cara Membuat Seblak Tulang Ayam Khas Bandung Lengkap dengan Bumbu Racikan yang Nikmat

Sajian seblak tulang adalah inovasi yang sedap dari resep seblak yang mantap. Nah, sajian ini akan tentu dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana.

Resep terkait: Resep dan Cara Membuat Ayam Kecap Tumis yang Enak, Spesial dan Gurih

Resep Cara Membuat Seblak Tulang Ayam Khas Bandung Lengkap dengan Bumbu Racikan yang Nikmat

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep seblak, seblak tulang
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 25 menit
Porsi 2 Orang
Kalori 345 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 250 gr tulang ayam bisa campur dengan ceker
  • 4 sendok makan Minyak
  • 100 ml air putih
  • 1 sendok teh Kaldu ayam
  • 1 btg bawang daun

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 10 bh cabe rawit (bisa sesuai selera)
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 1 siung bawang putih
  • 1/4 sendok teh Garam halus
  • 3 siung Bawang merah
  • 1/2 sendok teh Gula pasir
  • 1 buah tomat merah
  • 1/2 ruas kencur

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Tulang Ayam Khas Bandung Lengkap dengan Bumbu Racikan yang Nikmat:

  1. Awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang perlu dipersiapkan. Sebab ada beberapa bahan yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan sajian lainnya dengan merata. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan tersebut dibawah ini.

  2. Bahan pertama yang perlu untuk dipersiapkan dengan merata adalah tulang ayam bersama dengan ceker yang sudah anda persiapkan. Sebelum dimasak dan dicampurkan dengan bahan lain ada baiknya kita bersihkan terlebih dahulu sajian ini dengan merata.

  3. Bawa tulang ayam dan ceker ke tempat cucian. Lalu bersihkan dengan air bersih dengan merata dan pastikan jika kotoran dan lendir pada tulang ayam bisa dibersihkan dengan merata. Anda bisa melakukannya dengan sedikit meremas-remas sajian ini dengan merata.

  4. Bila sudah selesai kemudian angkat sajian ini dan masukkan kembali kedalam wadah. Lalu tiriskan air cuciannya dan kucuri sajian ini dengan menggunakan air jeruk nipis dan berikan sedikit garam. Lalu aduk merata semua bahan ini sampai tercampur.

  5. Diamkan sementara agar bau amis pada sajian ceker dan tulang ayam bisa diredam dengan bumbu lumuran yang anda berikan. Sisihkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Seblak Tulang Ayam Khas Bandung Lengkap dengan Bumbu Racikan yang Nikmat:

  1. Nah, bila sudah selesai direndam dengan bumbu lumuran maka anda akan dapat menyiapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya. Lalu masukkan tulang ayam bersama dengan ceker yang sudah anda siapkan. Lalu rebus sajian ini sampai matang dan lebih lunak. Angkat setelah matang dan sisihkan sementara nantinya akan kita campur dan masak dengan bumbu lainnya secara merata.

  2. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Lalu kemudian masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.

  3. Baru masukkan kedalamnya bumbu yang sudah anda haluskan sebelumnya. Aduk-aduk dengan merata semua sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Masukkan air kedalam tumisan dan tuangkan asam jawa bersama dengan gula pasir.

  4. Masukkan pula garam kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini hingga tercampur merata dan bumbu menjadi lebih larut bersama dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

  5. Baru kemudian masukkan tulang ayam yang sudah matang bersama dengan ceker yang sudah anda rebus sebelumnya. Aduk dengan merata dan pastikan bila semua bumbu tercampur dengan bumbu yang sudah anda masukkan sebelumnya. 

  6. Bila anda suka dengan rasa manis maka anda bisa menambahkan kecap kedalamnya agar rasanya lebih manis dan lebih kental. Lalu aduk dengan merata kemudian cicipi bumbunya. Masak sebentar sampai mendidih dan merata.

Catatan Resep

Baru kemudian anda akan dapat mengangkat sajian ini dari wajan dan nikmati selagi masih hangat agar rasanya lebih nikmat dan sedap.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons