Resep & Cara Membuat Seblak Telur Kerupuk Pedas Berikut Bumbu Mantap

Resep Cara Membuat Seblak Telur Kerupuk Pedas Berikut Bumbu Mantap
5 from 1 vote
Print

Resep Cara Membuat Seblak Telur Kerupuk Pedas Berikut Bumbu Mantap

Sajikan enak dan pedasnya hidangan seblak telur kerupuk di rumah anda dengan resep yang akan kami berikan kali ini. Penasaran seperti apa pembuatannya? Mari simak informasinya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep seblak, seblak telur
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 2 Orang
Kalori 297 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 150 gram Kerupuk aci mentah
  • 1 batang Daun bawang diiris-iris kecil
  • 2 butir Telur
  • 1/2 sdt Kaldu bubuk atau penyedap
  • Secukupnya Minyak untuk menumis
  • Secukupnya Air
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 100 gram kwetiau basah

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 siung Bawang putih
  • 1 cm Kencur
  • 5 butir Bawang merah
  • 5 buah Cabe rawit merah (cengek domba/cabai setan)

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Telur Kerupuk Pedas Berikut Bumbu Mantap:

  1. Sebelum terburu membuat sajian kali ini akan lebih baik bila kita simak langkah persiapan untuk membuat sajian kali ini. Hal ini dikarenakan langkah persiapan berisikan beberapa cara mengolah bahan yang tidak tercantum pada resep. Dengan menyimak langkah ini maka anda akan lebih mudah untuk menyajikan hidangan seblak kali ini. Untuk itu, mari simak langkah persiapan dibawah ini.

  2. Bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah telur sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Pecahkan telur dalam sebuah wadah lalu kemudian kocok sajian ini dengan merata sampai tercampur merata. Bila sudah selesai kemudian sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

  3. Selesai dengan telur kemudian silahkan rendam kerupuk dalam sebuah wadah dan tuangkan air dingin kedalamnya. Penggunaan air dingin akan membuat kerupuk aci menjadi lebih mengembang dan lunak namun tidak terlalu lembek. Sehingga tekstur kenyal dari sajian ini masih bisa anda nikmati. Bila sudah selesai kemudian sisihkan terlebih dahulu sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. 

  4. Lanjutkan dengan merendam kwetiau basah dalam sebuah wadah seperti anda merendam kerupuk aci. Hanya saja, sebaiknya gunakan air panas agar kwetiau cepat lunak dan mengembang dengan merata. Setelah itu, sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

  5. Bila semua persiapan sudah dilakukan dengan merata maka jangan lupa untuk menghaluskan bahan dan bumbu yang perlu dihaluskan dengan merata. Sisihkan sementara nantinya bahan ini akan kita campurkan dengan bahan lainnya. 

Cara Membuat Seblak Telur Kerupuk Pedas Berikut Bumbu Mantap:

  1. Angkat terlebih dahulu kerupuk dan kwetiau ketika sudah cukup mengembang. Lalu tiriskan airnya dengan merata. Pisahkan dalam wadah lain dan sisihkan sementara bahan ini sebelum dimasak dan dibumbui bersama dengan bahan lainnya dengan merata.

  2. Panaskan terlebih dahulu sebuah wajan diatas kompor dan masukkan minyak sedikit saja untuk menumis. Setelah minyak panas dengan merata maka anda akan dapat menuangkan bumbu halus kedalamnya. Lalu aduk-aduk dengan merata dan masak sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. 

  3. Tuangkan air secukupnya kedalam tumisan dan tuangkan kerupuk bersama dengan kwetiau dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata. Lalu bubuhi dengan garam, gula pasir dan berikan pula kaldu bubuk.

  4. Aduk kembali dengan merata, baru kali ini masukkan telur kedalamnya dan aduk kembali dengan merata sampai telur berbutir dan tercampur bersama dengan bahan-bahan lainnya.

  5. Biarkan mendidih dan tuangkan potongan daun bawang kedalamnya. Lalu aduk dengan merata semua bahan ini hingga kerupuk lembek baru anda akan dapat mengangkatnya dan matikan kompor. 

Catatan Resep

Bila sudah matang maka silahkan sajikan hidangan ini dalam wadah untuk kemudian nikmati ketika masih hangat.

Loading...

4 thoughts on “Resep & Cara Membuat Seblak Telur Kerupuk Pedas Berikut Bumbu Mantap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons