Resep & Cara Membuat Seblak Sosis Kerupuk Aci yang Sedap Berikut Bumbu

 

Resep Cara Membuat Seblak Sosis Kerupuk Aci yang Sedap Berikut Bumbu

Nikmatnya sajian seblak sosis adalah cemilan mudah yang akan dapat anda buat di rumah. Dengan menguasai resep seblak buatan sendiri maka setiap kali hasrat menyantap hidangan pedas yang satu ini datang, anda tak perlu pergi ke luar rumah. Mari simak langsung resep membuat seblak sosis kerupuk aci dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep seblak pedas, seblak sosis
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 1 porsi
Kalori 297 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 2 buah sosis sapi
  • 200 gr kerupuk aci kuning mentah
  • 5 butir bakso sapi
  • 3 butir telur ayam
  • secukupnya air
  • 1 batang daun bawang, iris
  • sedikit gula pasir
  • secukupnya garam
  • minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 15 buah cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 1 buah tomat merah
  • 1 cm kencur
  • 22 siung bawang putih
  • sdt air asam jawa

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Sosis Kerupuk Aci yang Sedap Berikut Bumbu:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan lakukan terlebih dahulu langkah persiapan. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan yang ada pada resep yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. Langkah ini pun akan membantu anda mempermudah membuat sajian kali ini. Maka dari itu, mari simak langkah persiapan dibawah ini.

  2. Adapun bahan pertama yang perlu untuk anda persiapkan adalah sosis sapinya. Sebelum dimasak dan dicampur bahan ini perlu anda potong-potong dengan ukuran yang lebih kecil. Lakukan dengan menggunakan pisau diatas tatakan lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

  3. Bahan selanjutnya adalah bakso sapinya, anda bisa memotong bakso sapi menjadi empat bagian dengan bentuk lonjong. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sebelum dimasak dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

  4. Untuk kerupuk aci kuningnya anda perlu merendam terlebih dahulu bahan ini dalam sebuah wadah dengan menggunakan air bersih. Cara ini dilakukan agar tekstur dari bahan kerupuk aci menjadi lebih lunak sehingga lebih cepat matang ketika dimasak dengan bahan lainnya.

  5. Kocok pula telur dalam sebuah wadah dan campurkan dengan merata. Caranya pecahkan semua telur dalam satu wadah yang sama lalu aduk dan kocok dengan merata hingga tercampur dan merata lalu sisihkan.

Cara Membuat Seblak Sosis Kerupuk Aci yang Sedap Berikut Bumbu:

  1. Setelah selesai dengan langkah persiapan maka langkah selanjutnya anda akan mulai bisa membuat hidangan seblak sosis kali ini berikut meracik bumbu untuk sajian kali ini. Awali dengan terlebih dahulu mengangkat rendaman kerupuk dalam wadah dan sisihkan sementara sajian ini sebab nantinya akan kita campurkan dengan bahan lainnya.

  2. Setelah selesai kemudian siapkan wajan dan panaskan minyak didalamnya dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukkan bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua bahan ini dengan merata sampai tercium bau yang enak yang sedap. 

  3. Masukkan air kedalamnya sebanyak setengah gelas lalu aduk-aduk dengan merata bahan ini. Baru kemudian diamkan sampai mendidih dan tuangkan kerupuk kedalamnya lalu aduk merata. 

  4. Bila kuah lebih menyusut tiba saatnya anda menuangkan bakso bersama dengan sosis dan masukkan pula kocokan telur kedalamnya. Lalu taburi dengan daun bawang kemudian aduk sebentar sajian ini dengan merata.

  5. Terakhir, silahkan masukkan bumbu kedalamnya seperti gula bersama dengan garam dan masukkan pula penyedap rasa. Lalu aduk kembali dengan merata dan anda akan dapat mematikan kompor setelah selesai. 

Catatan Resep

Sajikan hidangan seblak sosis kerupuk aci kali ini dalam sebuah wadah dan nikmati bersama-sama ketika masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons