Resep & Cara Membuat Seblak Siomay Kering Bumbu Kencur Pedas Mantap

Resep Cara Membuat Seblak Siomay Kering Bumbu Kencur Pedas Mantap

Sajian siomay kering hadir dalam kemasan yang biasanya dapat anda jumpai di pasaran. Sajian ini mulai disenangi selain sebagai campuran menyantap bakso, namun untuk sajian seblak pun banyak yang jatuh cinta dengan hidangan yang satu ini. Tambahan tahu kering memberikan rasa yang lebih nikmat dan lebih gurih pada sajian kali ini.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin mencoba menyajikan hidangan ini di rumah maka tak perlu khawatir resep dibawah ini akan dapat anda contek dan terapkan di rumah. Penasaran seperti apa saja langkah dari pembuatan hidangan kali ini? Mari simak informasinya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep seblak pedas, seblak siomay kering
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 6 menit
Total Waktu 16 menit
Porsi 2 Porsi
Kalori 324 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 2 bungkus siomay kering
  • 1 genggam kerupuk udang/bawang
  • 1/2 bungkus tahu kering

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 1 batang bawang daun (iris)
  • 10 buah cabe rawit
  • secukupnya penyedap rasa
  • 5 buah bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • secukupnya minyak goreng
  • secukupnya gula
  • secukupnya garam
  • secukupnya air

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Siomay Kering Bumbu Kencur Pedas Mantap:

  1. Persiapkan terlebih dahulu beberapa bahan yang ada pada resep sebab ada beberapa bagian perlu kita bersihkan dan perlu diolah terlebih dahulu sebelum dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. Maka dari itu, langkah persiapan kali ini menjadi hal penting yang perlu anda simak dibawah ini.

  2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan adalah kerupuknya. Sebelum sajian ini dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya silahkan rendam kerupuk dengan air bersih. Masukkan dalam wadah dengan ukuran yang cukup lalu masukkan kerupuk kedalamnya. Rendam dengan air dingin suhu biasa. Lalu diamkan sementara. 

  3. Tujuannya adalah agar tekstur dari kerupuk ketika dimasak menjadi lebih cepat matang dan tidak keras. Maka dari itu, merendam kerupuk dengan air menjadi langkah penting yang perlu diperhatikan.

  4. Selesai dengan merendam kerupuk, silahkan haluskan bahan dan bumbu yang perlu untuk anda haluskan dengan merata. Cara ini dapat anda lakukan dengan menggunakan ulekan secara merata. 

  5. Bila sudah selesai kemudian sisihkan sementara sajian ini sebelum dicampurkan dengan sajian lainnya. Baru setelah itu, anda akan siap untuk membuat racikan bumbu untuk sajian seblak kali ini.

Cara Membuat Seblak Siomay Kering Bumbu Kencur Pedas Mantap:

  1. Langkah pembuatan seblak siomay kering yang pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Lalu Masukkan minyak sedikit saja kedalamnya kemudian tunggu sampai minyak menjadi lebih panas merata. 

  2. Bila minyak sudah panas, silahkan masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk dengan merata hingga tercium bau harum yang enak dan sedap. 

  3. Masukkan air kedalamnya dan tunggu sampai sajian ini mendidih dengan merata. Masukkan kerupuk bersama dengan bumbu seperti garam, gula, penyedap rasa dan aduk-aduk dengan merata. 

  4. Masukkan tahu kering kedalamnya dan biarkan sementara agar kuah dari rebusan sedikit menyusut dengan merata. Baru masukkan siomay kering, aduk-aduk hingga bumbu tercampur dan masak sebentar jangan terlalu lembek. 

Catatan Resep

Angkat sajian ini bila hidangan ini sudah matang dan merata. Kemudian selanjutnya anda akan dapat mengangkat sajian ini dan nikmati selagi masih hangat.

Loading...

Leave a Reply






Show Buttons
Hide Buttons