Resep & Cara Membuat Seblak Makaroni Basah yang Enak dan Lezat Lengkap dengan Bumbu

Resep Cara Membuat Seblak Makaroni Basah yang Enak dan Lezat Lengkap dengan Bumbu

Nikmati sedapnya hidangan seblak macaroni basah yang resepnya akan kami bagikan kali ini. Sajian mudah yang lezat ini akan tentu bisa anda buat di rumah mengisi waktu senggang anda bersama dengan keluarga. Cita rasa yang pedas dengan sensasi bumbu yang menggoda akan tentu membuat sajian yang satu ini sulit sekali ditolak untuk dinikmati.

Nah, bagi anda yang ingin membuat sajian ini namun penasaran dengan resepnya. Maka berikut ini kami langsung berikan informasinya khusus untuk anda. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep seblak, seblak makaroni basah
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 3 Porsi
Kalori 298 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 250 gr Makaroni
  • 1/2 sdt Garam
  • 1 sdt Gula
  • 2 buah sosis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 5 buah Cabe rawit
  • 1 ruas jari Kencur
  • 3 siung Bawang putih
  • 5 siung Bawang merah

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Makaroni Basah yang Enak dan Lezat Lengkap dengan Bumbu:

  1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Cara ini menjadi langkah penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Sebab langkah persiapan berisikan beberapa cara mengolah bahan yang ada pada resep. Mari simak beberapa langkah persiapan tersebut dibawah ini. 

  2. Adapun bahan pertama yang akan perlu kita persiapkan diantaranya adalah makaroninya. Silahkan rendam atau rebus terlebih dahulu makaroni dalam sebuah wadah. Cara ini dilakukan agar makaroni menjadi lebih lembek dan tekstur basah bisa didapatkan dari merendam makaroni dengan merata. 

  3. Selesai merendam makaroni maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan sosis sebagai bahan tambahan dari sajian kali ini. Potong sosis dengan bentuk bulat ukuran yang lebih tipis. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan pisau dan potong sajian ini diatas tatakan.

  4. Setelah selesai kemudian masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

  5. Langkah selanjutnya silahkan haluskan bumbu yang perlu dihaluskan dengan merata. Anda bisa menggunakan ulekan untuk menghaluskan bumbu ini dengan merata. Bila sudah selesai kemudian sisihkan sajian ini nantinya anda akan dapat mencampurkan bumbu ini bersama dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

Cara Membuat Seblak Makaroni Basah yang Enak dan Lezat Lengkap dengan Bumbu:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, silahkan lakukan dengan terlebih dahulu memanaskan wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Masukkan minyak ketika wajan sudah panas dengan merata. Lalu tunggu kembali agar minyak yang baru saja anda masukkan menjadi lebih panas. 

  2. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan kedalamnya dengan merata. Aduk dan tumis sajian ini sampai bumbu matang dan tercium bau harum yang enak dan sedap. Baru kemudian masukkan sedikit air kedalamya dan biarkan menjadi lebih mendidih. 

  3. Baru masukkan makaroni kedalamnya bersama dengan sosis yang sudah anda potong-potong dengan merata. Aduk semua sajian ini agar tercampur bersama dengan bumbu secara merata. Kemudian setelah itu, berikan bumbu seperti garam, gula pasir dan juga penyedap rasa. 

  4. Aduk-aduk semua sajian diatas dan cicipi bumbunya. Setelah pas maka masak sebentar dan angkat ketika sajian sudah matang secara merata. 

Catatan Resep

Nah, bila sajian ini sudah matang maka anda akan dapat menuangkannya dalam sebuah wadah dan nikmati sajian ini ketika masih hangat.

Loading...

Leave a Reply






Show Buttons
Hide Buttons