Resep & Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering Jebred Lengkap dengan Bumbu

 

Resep Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering Jebred Lengkap dengan Bumbu
4 from 1 vote
Print

Resep Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering Jebred Lengkap dengan Bumbu

Lezatnya seblak kerupuk kering jebred adalah cemilan nikmat yang akan bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Sajian ini mudah sekali dibuat dan persiapannya sudah kami berikan dibawah ini. Nah, bagi anda yang penasaran ingin tahu seperti apa saja langkah pembuatan dan resep dari sajian kali ini maka tak perlu khawatir. Dibawah ini adalah rangkaian resep membuat seblak kerupuk kering jebred yang sedap. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep seblak, seblak kerupuk kering
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 30 menit
Total Waktu 40 menit
Porsi 8 Orang
Kalori 354 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 1 kg kerupuk udang atau ikan
  • 3 lembar Daun jeruk
  • secukupnya Cabe merah keriting
  • 5 siung bawang merah
  • secukupnya Cabe rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • Secukupnya Bon cabe level 30
  • secukupnya Kunyit bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • Penyedap rasa sapi

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Kerupuk Kering Jebred Lengkap :

  1. Awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Persiapan akan perlu dilakukan untuk memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapannya dibawah ini. 

  2. Bahan pertama yang akan dapat anda persiapkan adalah menghaluskan beberapa bahan yang perlu dihaluskan dalam resep. Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah cabe, bawang putih, bawang merat bersama dengan kunyit dan daun jeruk. 

  3. Haluskan dengan kasar dan merata. Lalu sisihkan dalam wadah sebelum anda mencampurkan sajian ini dengan bahan-bahan lainnya secara merata.

  4. Nah, setelah selesai dengan semua persiapan diatas maka anda akan dapat melanjutkan untuk membuat hidangan kali ini. Untuk itu, mari simak beberapa langkah pembuatan seblak kerupuk kering dibawah ini. 

Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering Jebred Lengkap :

  1. Sajian seblak kerupuk kering kali ini adalah jenis kerupuk yang tidak mengembang sehingga tekstur dari sajian seblak kali ini terasa keras namun tetap renyah dan nikmat untuk disantap. Nah, cara membuat kerupuk seblak yang tidak mengembang atau seperti setengah matang ini perlu dilakukan dengan beberapa trik.

  2. Silahkan siapkan minyak dalam wajan dan simpan diatas kompor. Rendam kerupuk dalam minyak selama kurang lebih 15 menit secara merata.

  3. Baru kemudian nyalakan api kecil pada kompor. Sambil diaduk-aduk tunggu selama kurang lebih 20 menit sampai kerupuk matang namun jaga suhu pada kompor agar tidak terlalu panas sehingga kerupuk tidak mengembang dengan sempurna.

  4. Bila kerupuk sudah matang dengan merata maka anda akan dapat mengangkat sajian ini lalu tiriskan dalam wadah dan sisihkan sementara sajian ini sebelum dibumbui. 

  5. Dalam wajan bekas menggoreng kerupuk, sisakan sedikit minyak untuk menumis dan tunggu sampai panas dengan merata menggunakan api yang sedang.

  6. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan merata kemudian aduk-aduk dan tumis sajian ini sampai matang dan tercium bau harum yang enak dan sedap. Tuangkan pula bumbu kedalamnya seperti garam, gula, penyedap dan tuangkan pula bon cabe level 30 kedalamnya.

  7. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur. Lalu kemudian anda akan dapat menuangkan kerupuk kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur merata. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang kemudian sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat. Masukkan dalam toples ketika sudah lebih dingin nantinya sajian ini akan dapat anda nikmati kapan saja anda inginkan.

Loading...

One Response

  1. susi susanti 26 Desember 2018

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons