Resep & Cara Membuat Seblak Kering Pedas Edun Berikut Bumbu Racikannya

 

Resep Cara Membuat Seblak Kering Pedas Edun Berikut Bumbu Racikannya

Sajian seblak memang terbagi kedalam dua jenis yakni seblak kering dan seblak yang basah. Kedua sajian seblak ini nikmat untuk disantap hanya saja, adakalanya kita ingin menikmati seblak dalam beberapa varian. Nah, untuk anda yang ingin membuat hidangan seblak kering yang enak dan sedap. Maka tak perlu khawatir dibawah ini adalah sajian seblak kering lengkap dengan tata cara pembuatannya yang mudah. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep seblak kering, seblak kering
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 35 menit
Total Waktu 45 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 320 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 100 gram kerupuk aci putih
  • 100 gram kerupuk aci oranye
  • 100 gram kerupuk bunga warna-warni
  • Secukupnya Minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sdm garam
  • 2 sdm gula putih
  • Secukupnya penyedap rasa

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 1 siung Bawang putih
  • 2 ruas Kencur
  • 3 buah Cabe rawit
  • 2 siung Bawang merah

Langkah-langkah

Persiaan Membuat Seblak Kering Pedas Edun Berikut Bumbu Racikannya:

  1. Persiapan menjadi langkah penting yang perlu untuk dipersiapkan dengan merata. Ketika anda mempersiapkan sebuah bahan dan bumbu dengan merata maka hal ini akan memudahkan anda membuat sajian kali ini. Selain itu, langkah persiapan berisikan beberapa cara mengolah beberapa bahan yang tidak dicantumkan pada resep. Maka dari itu, langkah kali ini menjadi langkah penting yang perlu anda perhatikan dengan merata. 

  2. Adapun bahan pertama yang perlu anda persiapkan adalah kerupuknya. Dalam sebuah wadah maka silahkan masukkan kerupuk kedalamnya dan campur sajian ini menjadi satu. Anda bisa menggoyang-goyangkan wadah agar semua bahan ini tercampur merata. 

  3. Bila sudah selesai kemudian haluskan pula bahan dan bumbu yang perlu untuk anda haluskan dengan merata. Anda bisa menghaluskan sajian ini dengan menggunakan ulekan atau anda bisa menggunakan mesin blender. Hanya saja, tekstur terbaik dihasilkan dengan menguleknya dengan merata.

  4. Bila sudah selesai maka sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya. Nah, kemudian anda akan siap untuk meracik bumbu pada sajian kali ini.

Cara Membuat Seblak Kering Pedas Edun Berikut Bumbu Racikannya:

  1. Untuk membuat sajian seblak kerupuk kering kali ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor. Lalu nyalakan api yang sedang dan masukkan minyak kedalamnya untuk menumis tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dan merata. 

  2. Masukkan bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua sajian bumbu halus sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. 

  3. Baru setelah itu, masukkan kerupuk kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata sampai kerupuk menjadi lebih mengembang secara merata. Lalu kecilkan api dan terus aduk-aduk sampai bumbu tercampur dan membaluti kerupuk yang sedang anda masak. 

  4. Bila sudah tercampur dengan merata maka anda akan dapat mengangkat sajian ini dan sisihkan sementara dalam wajan. Setelah agak dingin maka silahkan masukkan dalam wadah tertutup. 

  5. Tuangkan penyedap kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua sajian ini tercampur merata dan terbaluti semuanya dengan penyedap yang anda masukkan. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang dan selesai kemudian buka penutup dari wadah tersebut dan biarkan sajian seblak kering ini menjadi lebih dingin dengan merata karena ketika anda memaksa menutup permukaan wadah ketika kerupuk masih panas hal ini akan membuat sajian ini menjadi melempem.

Baru nantinya anda akan dapat menutupnya dan menyimpannya dalam wadah. Jadi kapanpun anda ingin menikmati sajian ini maka hidangan ini akan bisa anda nikmati langsung karena sudah dimasukkan dalam wadah.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons