Resep & Cara Membuat Seblak Cipuk Bandung Kenyal yang Enak dengan Bumbu Istimewa

Resep Cara Membuat Seblak Cipuk Bandung Kenyal yang Enak dengan Bumbu Istimewa

Sedap dan nikmatnya hidangan seblak cipuk Bandung adalah sajian yang nikmat dan sedap untuk dibuat di rumah. Nah, bagi anda yang ingin membuat hidangan ini di rumah maka tak perlu khawatir dengan resep yang akan kami bagikan kali ini maka tentunya anda akan bisa membuatnya dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa? Simak langsung dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep seblak, seblak cipuk
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 35 menit
Porsi 4 Porsi
Kalori 389 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 1/4 kg kerupuk mentah
  • 1/4 kg tepung sagu
  • 2 helai daun bawang
  • 2 bh Bawang putih yg telah di haluskan
  • secukupnya Garam, royco dan lada

Bumbu Seblak:

  • 4 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 10 rawit
  • Secukupnya Gula merah
  • 2 cm kencur
  • 1 sendok kecil Garam
  • 1 sendok kecil penyedap rasa
  • 1/2 sendok makan bumbu kaldu
  • 2 lembar daun jeruk

Langkah-langkah

Cara Membuat Cipuk:

  1. Untuk membuat sajian cipuk kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Silahkan siapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya. Lalu masukkan pula kerupuk mentah lalu rebus sajian ini sampai matang hingga kerupuk menjadi lebih mengembang namun tidak terlalu lembek. 

  2.  Setelah selesai kemudian angkat sajian ini dan buang airnya. Lalu masukkan kerupuk yang sudah mengembang dalam wadah. Lalu kucuri dengan sedikit minyak agar kerupuk tidak terlalu lengket menyatu dengan kerupuk lainnya. 

  3. Masukkan tepung sagu kedalam kerupuk yang sudah rebus. Lalu masukkan bumbu dan bahan campuran lainnya. Aduk dengan merata kemudian siram dengan air mendidih sedikit demi sedikit dengan perlahan. Aduk-aduk semua bahan ini sampai merata hingga kalis.

  4. Kemudian setelah itu, anda akan dapat meratakan bagian atasnya ketika adonan sudah tercampur. Tunggu dan biarkan sampai agar mengeras dan merata. Baru kemudian setelah itu, potong-potong dengan ukuran sesuai selera. 

  5. Siapkan wajan masukkan minyak goreng kedalamnya dan goreng cipuk sampai matang. Dengan terus mengaduk-aduknya dengan merata guna memastikan agar cipuk matang dengan merata. Angkat sajian ini dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan bahan ini dengan bahan lainnya. 

Cara Membuat Hidangan:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara haluskan semua bumbu yang ada pada bumbu seblak. Gunakan ulekan untuk menghaluskan sajian ini dengan merata. Baru setelah itu, anda akan dapat menyiapkan sebuah wajan kemudian masukkan minyak goreng kedalamnya.

  2. Tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas dengan api yang sedang. Baru kemudian masukkan kedalamnya dan tumis sajian ini sampai harum dan tercium bau yang enak. 

  3. Masukkan sedikit air kedalam tumisan untuk mengentalkan semuanya menjadi rata. Lalu bumbui dengan menggunakan garam, penyedap rasa dan tambahkan pula dengan kaldu bubuk. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur.

  4. Bila sudah selesai kemudian masukkan cipuk kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata sampai cipuk terbaluti dengan bumbu seblak yang sudah anda masak.

Catatan Resep

Nah, bila sudah matang maka kemudian anda akan senantiasa dapat menikmati sajian ini ketika masih hangat dan nikmati ketika sajian ini sudah matang.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons