Resep & Cara Membuat Seblak Cimol Sederhana Bumbu Pedas Nikmat

Resep & Cara Membuat Seblak Cimol Sederhana Bumbu Pedas Nikmat

Nikmati sedapnya hidangan seblak cimol yang sedap dan nikmat. Selain hanya bumbu seblak yang dicantumkan pada resep kali ini, anda pun akan dipandu bagaimana cara membuat sajian cimol. Jangan khawatir, pembuatan dari cimol sendiri terbilang cukup mudah dan sederhana sehingga anda akan dapat membuatnya di rumah dengan mudah. Penasaran seperti apa saja resep dari sajian kali ini? Mari simak informasinya dibawah ini. 

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep seblak, seblak cimol
Waktu Persiapan 25 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 35 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 321 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Cimol:

  • 1/4 kg tepung kanji
  • Air panas
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • Secukupnya minyak goreng

Bumbu Seblak:

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 butir cabai rawit
  • 2 cm kencur
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya penyedap
  • 1 lembar daun jeruk

Langkah-langkah

Cara Membuat Cimol Bandung:

  1. Untuk mengawali langkah kali ini kita akan dahulukan memperhatikan cara membuat cimolnya. Cara ini menjadi langkah yang penting guna memudahkan anda menyajikan hidangan lezat dari sajian cimol kali ini. Siapkan terlebih dahulu baskom atau sebuah wadah bersama dengan semua bahan untuk membuat cimol dengan merata. 

  2.  Dalam sebuah wadah silahkan campurkan tepung kanji bersama dengan bumbu yakni bawang putih yang sudah dihaluskan bersama dengan merica bubuk dan bumbui dengan menggunakan garam dengan merata. Aduk semua sajian ini sampai tercampur. 

  3. Baru kemudian masukkan potongan daun bawang kedalamnya. Aduk-aduk kembali dengan merata semua sajian ini sampai tercampur merata. Panaskan atau didihkan air dalam panci dan pastikan ketika anda menuangkan air panas ini, air dalam keadaan mendidih dan merata. 

  4. Aduk lalu uleni sajian ini sampai kalis dengan merata. Bila sudah selesai kemudian bentuk cimol dengan ukuran yang kecil-kecil. Masukkan dalam wadah dan lakukan cara yang sama pada sisa adonan yang masih ada. 

  5. Bila sudah selesai siapkan minyak panas dalam wajan dan gunakan api yang kecil untuk mencegah agar cimol tidak meledak pada saat dimasak karena minyak yang terlalu panas. Ketika menggoreng cimol jangan lupa untuk terus diaduk-aduk dengan merata agar matangnya menyeluruh. 

  6. Setelah matang, angkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah. Lalu sisihkan sementara sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

Cara Membuat Seblak Cimol Sederhana Bumbu Pedas Nikmat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat menghaluskan semua bumbu seblak dengan merata. Lalu pastikan bila semua sajian ini lembut dengan merata. Kemudian sisihkan sebelum dicampurkan.

  2. Siapkan minyak dalam wajan, setelah panas masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan aduk-aduk dengan merata. Tumis sajian ini sampai matang dan tercium bau harum yang enak dan sedap. 

  3. Masukkan cimol kedalamnya dan aduk-aduk kembali semua sajian ini sampai semua bumbu tercampur kedalam cimol yang sudah anda goreng sebelumnya.

  4. Masukkan air sedikit saja kedalamnya untuk mengencerkan bumbu tumisan. Lalu bumnbui sajian ini dengan menggunakan garam bersama dengan penyedap rasa yang sudah anda siapkan. Aduk-aduk semua sajian ini sampai tercampur. 

  5. Bila bumbu sudah tercampur kedalam cimol maka jangan memasaknya terlalu lama sebab sajian ini akan dapat anda angkat dan nikmati ketika masih hangat. 

Catatan Resep

Sajikan dalam wadah dan taburi bagian atasnya dengan bawang goreng untuk memberikan rasa yang lebih sedap pada sajian ini. Sajian seblak cimol lebih nikmat ketika disantap bersama-sama.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons