Resep & Cara Membuat Seblak Cilok Bandung Pedas dengan Bumbu Kencur yang Sedap

Resep Cara Membuat Seblak Cilok Bandung Pedas dengan Bumbu Kencur yang Sedap

Nikmati sedapnya hidangan seblak cilok Bandung yang enak dan sedap di rumah anda. Hidangan istimewa yang satu ini akan tentu bisa anda buat di rumah dengan mudah. Penasaran seperti apa saja resepnya? Mari simak informasi menariknya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep seblak pedas, seblak bakso aci
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 35 menit
Porsi 2 Porsi
Kalori 298 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Cilok:

  • 6 sdm tepung terigu
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 6 sdm tepung tapioka/kanji
  • 1 batang seledri, iris tipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 siung bawang putih

Bumbu Seblak:

  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 cm kencur
  • 2 siung bawang merah
  • secukupnya garam
  • 2 buah cabai merah
  • secukupnya penyedap rasa

Langkah-langkah

Cara Membuat Cilok:

  1. Langkah pertama untuk mengawali pembuatan resep kali ini mari kita buat terlebih dahulu ciloknya dengan merata. Cara ini akan penting anda dahulukan sebab ketika sudah jadi maka cilok akan bisa segera dicampurkan bersama dengan bumbu seblak yang akan kita buat. Maka dari itu, silahkan siapkan baskom dan air untuk membuat adonan cilok sedikit saja.

  2. Dalam wadah campurkan tepung terigu bersama dengan tepung kanji dengan merata. Lalu aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan pastikan bila semua bahan tercampur dengan merata.

  3. Masukkan seledri kedalamnya bersama dengan bawang putih dan juga merica bubuk serta taburi dengan garam. Sebelum dibuat adonan, silahkan aduk semua sajian ini dengan merata dan pastikan bahwa semua bahan tercampur merata menggunakan sendok katu. 

  4. Panaskan air dalam sebuah panci dan pastikan air campuran ini benar-benar mendidih dengan merata agar adonan yang kita buat menjadi lebih matang dengan merata ketika diuleni. Masukkan sedikit demi sedikit air kedalamnya dan aduk dengan menggunakan sendok kayu secara merata. 

  5. Bila sudah tercampur, silahkan uleni dengan menggunakan tangan. Lalu kemudian setelah kalis, bentuk adonan ini dengan bentuk bulat-bulat sesuai dengan selera anda. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sajian ini.

  6. Siapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya. Untuk kemudian rebus air tersebut dengan menggunakan api sedang sampai mendidih dan berbuih. Baru kemudian masukan adonan cilok kedalamnya dan rebus sajian ini sampai matang dan mengambang. 

  7. Nah, bila anda melihat cilok sudah mulai mengambang maka ini artinya cilok sudah matang dan akan dapat anda angkat dari rebusan. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

Cara Membuat Seblak Cilok Bandung Pedas dengan Bumbu Kencur yang Sedap:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan menghaluskan terlebih dahulu bumbu seblak secara merata. Gunakan ulekan untuk memudahkan anda menghaluskannya dengan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya. 

  2. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan dengan merata diatas kompor. Lalu masukkan minyak goreng sedikit saja kedalamnya. Tunggu sajian ini sampai panas dan merata. 

  3. Masukkan bumbu halus dan aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur dan tercium bau harum yang enak dan sedap. Baru masukkan air kedalamnya dan bumbui sajian ini dengan menggunakan garam, penyedap rasa dan sedikit merica bubuk. Aduk-aduk dengan merata kembali sampai larut. 

  4. Masukkan cilok kedalamnya masak dan cicipi bumbunya sampai merata. Setelah matang maka angkat sajian ini dan nikmati.

Loading...

Leave a Reply






Show Buttons
Hide Buttons