Resep & Cara Membuat Seblak Ceker Bumbu Pedas Manis yang Mantap dan Segar

 

Resep Cara Membuat Seblak Ceker Bumbu Pedas Manis yang Mantap dan Segar

Nikmatnya hidangan seblak ceker bumbu pedas manis kini akan tentu bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Betapa tidak, pembuatan dari sajian ini terbilang cukup mudah dan praktis sehingga anda akan bisa membuatnya kapan saja anda inginkan. Penasaran seperti apa resep dari sajian kali ini? Mari simak informasi menariknya dibawah ini hanya untuk anda. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep seblak, seblak ceker pedas manis
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 30 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 453 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 500 gram Ceker ayam
  • 2 sendok makan Kecap manis
  • 700 ml Air
  • 200 gram Kerupuk aci kuning
  • 2 sendok makan Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 1 sendok teh Garam
  • 10 buah Cabai rawit merah
  • 3 butir Bawang merah
  • 1/4 sendok teh Penyedap
  • 1/2 ruas jari Kencur
  • 1 siung Bawang putih

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Ceker Bumbu Pedas Manis yang Mantap dan Segar:

  1. Bersihkan terlebih dahulu ceker sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Cara membersihkan ceker bisa anda lakukan dengan terlebih dahulu memasukan ceker kedalam sebuah wadah dan siapkan sebuah pisau dan tatakan. Sebelum dibersihkan dengan merata silahkan potong ceker dibagian punggung ceker hingga hampir putus. Lalu masukkan kembali kedalam wadah dan bawa ke tempat cucian. 

  2. Bersihkan ceker dengan air bersih dan pastikan anda pun memotong bagian kukunya dengan merata. Setelah bersih, baru kemudian bersihkan dengan merata dan kucurkan dibawah air bersih.

  3. Bila sudah bersih kemudian masukkan kedalam wadah dan tiriskan air cuciannya dengan merata. Lalu kucuri sajian ini dengan menggunakan air jeruk nipis dan berikan sedikit garam. Lalu sisihkan sementara.

  4. Sambil menunggu bumbu yang anda masukkan ceker menjadi lebih meresap dengan merata. Maka silahkan siapkan panci dan rebus kerupuk kuning agar teksturnya menjadi lebih lembek dan lunak. Angkat dan sisihkan dalam wadah sebelum dicampur dengan sajian lainnya. 

  5. Setelah itu, ganti air rebusan dan kali ini rebus ceker sampai matang dan merata hingga ceker benar-benar lunak. Angkat sajian ini dan ambil sedikit kuah rebusannya setelah matang lalu sisihkan.

Cara Membuat Seblak Ceker Bumbu Pedas Manis yang Mantap dan Segar:

  1. Haluskan terlebih dahulu bumbu yang perlu dihaluskan dengan merata. Gunakan ulekan untuk memudahkan anda menghaluskan sajian ini. Bila sudah selesai kemudian kumpulkan ditengah dengan menggunakan sendok nantinya bahan ini akan lebih mudah ditumis.

  2. Bila sudah selesai, siapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Masukkan minyak goreng sedikit saja kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dengan merata. Baru masukkan bumbu halus kedalamnya dan tumis sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. 

  3. Masukkan air kaldu dari rebusan ceker sebelumnya dan aduk-aduk dengan merata lalu biarkan bumbu tercampur dengan merata. Berikan bumbu kedalam rebusan kuah seperti halnya garam, penyedap rasa dan berikan sedikit gula. Lalu aduk-aduk dengan merata.

  4. Masukkan kecap manis kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata kemudian koreksi bumbunya sampai anda merasa bumbu sudah pas. Masak sampai kuah menjadi lebih mendidih dengan merata.

  5. Masukkan ceker kedalamnya bersama dengan kerupuk dan masak sajian ini sampai kuah lebih menyusut dan bumbu meresap kedalamnya dengan merata.

Loading...

Leave a Reply






Show Buttons
Hide Buttons