Resep & Cara Membuat Seblak Ceker Bakso yang Nikmat dengan Bumbu Pedas

Resep Cara Membuat Seblak Ceker Bakso yang Nikmat dengan Bumbu Pedas

Buat di rumah kreasi seblak ceker bakso yang enak dan nikmat. Dengan bumbu sederhana dan bahan-bahan yang mudah dijumpai, resep ini akan asik diracik di rumah. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep seblak pedas, seblak ceker bakso
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 15 menit
Total Waktu 25 menit
Porsi 2 Porsi
Kalori 364 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • sesuai selera Ceker ayam
  • 1 keping Mie telur kering
  • 3 lembar Daun sawi putih
  • 10 butir Bakso ayam (optional)
  • 1 siung Bawang putih
  • 1 batang Daun bawang
  • 1 batang Seledri
  • secukupnya Garam
  • 1 cm Kencur
  • 2 lembar Daun jeruk purut
  • secukupnya Minyak goreng
  • secukupnya Sawi
  • 2 siung Bawang merah
  • secukupnya Kaldu bubuk
  • sesuai selera Cabe rawit
  • Ebi sesuai selera

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Ceker Bakso yang Nikmat dengan Bumbu Pedas:

  1. Awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Persiapan semacam ini akan memudahkan anda untuk menyajikan sajian ini dengan lebih cepat dan sederhana. Oleh karenanya, mari simak beberapa langkah mudahnya dibawah ini untuk mempersiapkan beberapa bahan pada resep. 

  2. Adapun bahan pertama yang akan kita persiapkan adalah dengan membersihkan terlebih dahulu ceker ayamnya dengan merata. Silahkan bawa ke tempat cucian namun sebelumnya potong bagian punggung ceker ayam hingga hampir putus. Cara ini dilakukan agar nantinya sajian ini lebih mudah disantap.

  3. Bila sudah baru kemudian bersihkan dengan air yang mengalir dengan mengaduknya secara merata. Jangan lupa buang pula bagian kuku ceker ayam dengan bersih merata. Sisihkan dalam wadah sebelum nantinya kita campurkan dengan bahan lainnya dengan merata.

  4. Langkah berikutnya anda akan dapat memotong bakso menjadi bagian yang lebih tipis. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sajian ini sebelum dimasak dan dicampurkan dengan ceker kali ini. 

  5. Cuci pula daun sawi dengan air bersih dan jangan lupa potong dengan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dimasak dengan bahan lainya. Baru setelah itu, anda akan dapat melanjutkan dengan langkah selanjutnya secara merata. 

Cara Membuat Seblak Ceker Bakso yang Nikmat dengan Bumbu Pedas:

  1. Rebus ceker dalam sebuah panci agar lebih matang dan lebih empuk. Pastikan anda merebus ceker dalam waktu yang lama agar sajian ini lebih lunak dan mudah disantap ketika dimasak sebagai sajian seblak kali ini. Setelah selesai dan matang maka silahkan sisihkan sementara dan ambil sedikit kuah dari rebusan kali ini dengan merata. 

  2. Haluskan terlebih dahulu bumbu seperti bawang putih, bawang merah bersama dengan kencur secara merata dan juga cabe rawit. GUnakan ulekan dan haluskan dengan merata lalu sisihkan sebab nantinya bahan ini akan kita masak dan campurkan dengan merata.

  3. Tumis bumbu halus dalam sebuah wajan sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Baru kemduian masukkan ebi bersama dengan daun jeruk dan aduk-aduk dengan merata. Setelah tumisan ini layu, tambahkan air kaldu kedalamnya dan masak sampai mendidih dan merata. 

  4. Baru tuangkan sawi kedalamnya bersama dengan bumbu seperti garam, gula dan berikan pula kaldu bubuk untuk memberikan rasa gurih dari sajian ini. Masukkan mie dan masak sampai setengah matang. 

  5. Baru tuangkan bakso bersama dengan ceker yang sudah lunak. Masak dengan merata dan biarkan bumbu meresap kedalamnya dengan merata hingga tercampur dan matang. 

  6. Terakhir, silahkan masukkan daun bawang bersama dengan seledri kedalam sajian ini dan aduk dengan merata kemudian masak sebentar dengan api yang kecil. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka anda akan tentu dapat menyajikan hidangan ini dalam wadah dan nikmati sajian ini selagi masih hangat dan enak.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons