Resep & Cara Membuat Seblak Bakso Aci Bumbu Pedas Kencur yang Nikmat

Resep Cara Membuat Seblak Bakso Aci Bumbu Pedas Kencur yang Nikmat

Sajikan dan nikmati lezatnya hidangan seblak bakso aci yang mantap dengan bumbu pedas yang khas. Mudahnya langkah pembuatan dari sajian ini dijamin akan membuat anda menikmati proses memasak sajian seblak kali ini. Nah, agar anda tidak kesulitan pada saat membuat hidangan ini maka resep berikut ini akan dapat anda simak dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa resepnya? Mari simak berikut ini langkahnya hanya untuk anda. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep seblak, seblak bakso aci
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 7 menit
Total Waktu 17 menit
Porsi 1 Porsi
Kalori 267 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 8 buah bakso Aci yang sudah jadi
  • Potongan Jeruk Nipis
  • Secukupnya Garam, Gula dan Penyedap Rasa
  • 3 sdm Minyak Goreng
  • 1/2 Tomat ukuran sedang

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 cm Kencur
  • 12 buah cabe Rawit
  • 1 Siung Bawang Merah
  • 1 Siung Bawang Putih
  • 300 ml air putih

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Seblak Bakso Aci Bumbu Pedas Kencur yang Nikmat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini, silahkan awali dengan terlebih dahulu mempersiapkan bakso aci sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Karena biasanya bakso aci yang sudah jadi datang dalam keadaan keras maka anda perlu merebus kembali sajian ini agar kembali kenyal. Sehingba ketika dimasak menjadi seblak anda tak perlu memasukkan terlalu banyak air kedalamnya untuk mengenyalkan bahan ini sebab anda sudah merebusnya terlebih dahulu.

  2. Cara merebus sajian ini adalah dengan menyiapkan sebuah panci. Panaskan diatas kompor dengan api yang sedang dan masukkan air secukupnya kemudian tunggu sampai air mendidih dengan merata. Baru masukkan bakso aci dan rebus sampai mengambang.

  3. Angkat sajian ini dengan menggunakan saringan agar air rebusannya tidak terbawa. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda memasak sajian ini.

  4. Haluskan pula bumbu yang perlu dihaluskan dengan merata. Anda bisa menggunakan ulekan untuk menghaluskan sajian ini dengan merata. Lalu sisihkan dalam wadah dan kumpulkan bumbu ditengah sehingga lebih mudah disendok. 

Cara Membuat Seblak Bakso Aci Bumbu Pedas Kencur yang Nikmat:

  1. Setelah selesai dengan langkah persiapan diatas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah wajan dan panaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu hingga minyak menjadi lebih panas dengan merata.

  2. Bila sudah selesai kemudian masukkan bumbu halus kedalamnya tumis bersama dengan potongan tomat sampai harum dan layu. Bila sudah harum maka silahkan masukkan air kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata. 

  3. Bumbui kuah tumisan dengan menggunakan garam, kaldu bubuk dan gula pasir. Lalu aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur dengan merata. Masak sebentar dan biarkan sajian ini menjadi lebih mendidih dengan merata.

  4. Baur kemudian anda akan dapat memasukkan bakso aci kedalamnya. Aduk-aduk dengan merata sambil koreksi bumbu. Biarkan sampai mendidih dan masak dengan api yang kecil sampai airnya agak mengental dan merata.

  5. Bila anda suka sajian ini lebih berkuah maka biarkan kuahnya lebih banyak agar bisa dinikmati seperti bakso aci dengan sensasi seblak yang enak.

Catatan Resep

Nah, setelah matang kemudian angkat sajian ini dan taburi dengan potongan daun bawang. Aduk dengan merata dan angkat.
Sajian seblak bakso aci kali ini sudah matang dan anda akan dapat menyajikannya dalam sebuah wadah. Lalu nikmati selagi masih hangat.

Loading...

One Response

  1. kevin51 24 Februari 2020

Leave a Reply






Show Buttons
Hide Buttons