Resep Sayur Labu Siam Kuah Bening Tanpa Santan yang Sedap, Enak dan Sederhana Serta Cara Memasak

Labu siam atau jipang merupakan tumbuhan suku labu-labuan, tumbuhan ini bisa dimanfaatkan daun serta buahnya.

Buah labu siam ini bisa dikonsumsi dengan cara direbus dan dimakan dengan sambal terasi. Namun selain itu labu siam pun bisa diolah menjadi sayur atau ditumis. Nah, sayur labu siam yang dihasilkan pun akan sangat beragam. Dimana seperti halnya pada kesemapatan kali ini, kami akan menyajikan resep dan cara memasak sayur labu siam kuah bening. Sayur labu siam kuah bening ini dipercaya akan menghasilkan rasa yang begitu enak dan sedep. Oleh sebab itu anda harus mencoba membuatnya di rumah.

Cara membuat sayur labu siam kuah bening ini cukup sederhana. Dengan melihat resep dan cara memasak sayur labu siam yang akan kami sajikan di bawah ini anda tidak akan merasa kesulitan. Yuk simak resep dan cara memasaknya!

Sayur labu siam kuah bening1

Nama Resep

Resep Sayur Labu Siam Kuah Bening Tanpa Santan yang Seda, Enak dan Sederhana Serta Cara Memasa

4.7 189

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Sayur Labu Siam Kuah Bening Tanpa Santan yang Sedap, Enak dan Sederhana

Bahan Utama Sayur Labu Siam Kuah Bening

  • 1 buah atau 200 gram labu siam
  • 100 gram tahu cina
  • 100 gram wortel
  • 1 tangkai daun seledri
  • 2.000 ml air
  • 1 lembar daun salam

Bumbu Sayur Labu Siam Kuah Bening

  • 6 cm temu kunci
  • 1 ½ sendok makan garam
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 2 buah cabai merah
  • 8 butir bawang merah
  • 1 buah tomat

Cara Membuat/Memasak Sayur Labu Siam Kuah Bening Tanpa Santan yang Sedap, Enak dan Sederhana

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Labu Siam Bening

  1. Apabila bahan-bahan yang diperlukan seperti di atas telah disiapkan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu ambil labu siam. Lalu kupas labu siam tersebut, kemudian potong membentuk dadu.
  2. Setelah itu, kupas wortel dan potong berbentuk bulat dengan ketebalan 1/2 cm atau anda bisa menyesuaikan sesuai dengan keinginan anda.
  3. Potong kotak tahu cina. Lalu potong-potong juga seledri.
  4. Selanjutnya, iris tipis bawang merah yang telah anda siapkan.
  5. Iris miring cabai merah, lalu potong-potong tomat.

Cara Membuat/Memasak Sayur Labu Siam Kuah Bening

  1. Jika bahan dan bumbu telah siap, maka sekarang anda bisa melanjutkan pada tahap atau proses memasak. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, masukan air yang telah disiapkan ke dalam panci. Lalu simpan di atas kompor, rebus air tersebut. Kemudian masukan daun salam dan temukunci. Biarkan hingga air mendidih.
  2. Apabila air telah mendidih, ambil semua bumbu yang telah anda iris pada tahap sebelumnya. Setelah itu masukan ke dalam rebusan air yang telah mendidih. Diamkan beberapa saat hingga bumbu tersebut menjadi layu dan mengeluarkan aroma harum.
  3. Apabila telah mengeluarkan aroma harum, anda bisa menambahkan labu siam yang telah dipotong dadu dan wortel yang telah dipotong bulat. Aduk sampai merata. Tambahkan pula bumbu-bumbu seperti garam dan gula. Diamkan hingga semua bahan matang dan bumbu meresap sempurna.
  4. Menjelang diangkat, tambahkan potongan daun seledri. Diamkan sebentar, lalu setelah itu anda bisa mengangkatnya dan menyajikan pada piring saji yang telah anda siapkan.

Sayur labu siam bening tanpa santan ini cocok menemani acara makan siang anda bersama keluarga. Santap sayur labu siam dalam keadaan hangat dengan nasi hangat pula.

Itulah resep dan cara membuat sayur labu siam bening tanpa santan yang sedap, enak dan sederhana. Semoga resep yang kami sajikan ini bermanfaat untuk anda semua, serta bisa menambah koleksi masakan anda.

Setelah membaca resep di atas, tidak ada salahnya jika anda membagikan kepada saudara, teman atau orang-orang yang ada di sekeliling anda dengan cara klik tombol share.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons