Resep Sayur Asem/Asam Pedas yang Enak Serta Cara Membuat yang Sederhana dan Praktis

Sayur asem adalah salah satu sayuran yang sudah terkenal enak dan nikmat, sayur asem ini bisa anda buat di rumah karena cara membuatnya sangat sederhana dan praktis.

Sayur asem sebenarnya bukan hanya sekedar sayur asem saja. Sayur yang satu ini memiliki banyak variasi lokal disesuaikan dengan bahan dan bumbu yang melengkapi serta daerah sayur ini berasal. Nah, jika sebelumnya anda telah mengenal atau menyimak resep sayur asem khas dari berbagai daerah, maka untuk sekarang ini anda bisa menyimak resep sayur asem yang berbeda. Dimana resep sayur asem yang satu ini akan sangat menggugah selera makan anda. Kuah yang didapatkan dari sayur asam yang satu ini bukan hanya rasa asam saja, melainkan anda pun akan menikmati sensasi pedas karena resep sayur asem yang kami sajikan kali ini yaitu sayur asem pedas.

Sayur asem pedas ini bisa menemani acara makan anda dan keluarga. Dengan adanya sayur yang satu ini dijamin acara makan anda dan keluarga akan menjadi lebih istimewa. Setiap suapan dari sayur ini akan memberikan sensai yang berbeda, rasa pedas dan asem yang berasal dari kuah akan menyegarkan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa cara membuat sayur yang satu ini sangat sederhana sekali, tidak jauh berbeda dengan sayur asem pada umumnya. Oleh sebab itu, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak menyajikan sayur yang satu ini di meja makan. Nah, jika anda merasa bingung dan tidak tahu seperti apa cara membuatanya anda semua jangan merasa khawatir, karena di bawah ini kami berikan resep sayur asem/asam pedas yang enak lengkap dengan cara membuatnya yang sederhana dan praktis. Untuk lebih jelasnya yuk langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Resep sayur asem pedas

Nama Resep

Resep Sayur Asem/Asam Pedas yang Enak Serta Cara Membuat yang Sederhana dan Praktis

4.8 134

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sayur Asem Pedas yang Enak

Bahan Utama Sayur Asem Pedas

  • 200 gram labu siam
  • 10 lonjor kacang panjang
  • 100 gram jagung pipil
  • 100 gram kol
  • 2.500 ml air

Bumbu Sayur Asem Pedas

  • 5 butir bawang merah
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 3 1/2 sendok teh asam jawa
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • 2 buah tomat hijau
  • 6 1/2 sendok teh garam
  • 1 blok kaldu sapi
  • 1 sendok makan gula pasir

Cara Membuat/Memasak Sayur Asem Pedas yang Enak

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Asem Pedas

  1. Pertama-tama langkah yang harus anda lakukan yaitu, potong kacang panjang dengan ukuran 3 cm.
  2. Potong labu siam dan kol berbentuk kotak.
  3. Iris tipis bawang merah dan lengkuas.
  4. Potong tomat hijau dan iris miring cabai merah, serta memarkan cabai rawit.

Cara Membuat/Memasak Sayur Asem Pedas

  1. Setelah menyiapkan bahan dan bumbu di atas, langkah selanjutnya yaitu memasak. Dimana hal pertama kali yang harus anda lakukan yaitu merebus air. Lalu, masukan bawang merah, lengkuas, tomat daun salam, asam Jawa, cabai merah dan cabai rawit. Masak air sampai mendidih dan semua bahan sampai matang. Setelah itu tambahkan kaldu sapi, gula pasir, garam. Aduk sampai merata.
  2. Selanjutnya masukan kacang panjang, jagung pipil, kol dan labu siam. Masak semua bahan sampai matang. Lalu tambahkan tomat hijau, aduk sampai merata hingga tomat sedikit layu. Setelah itu angkat dan sajikan.

Itulah resep dan cara membuat sayur asem pedas yang enak. Sayur asem ini akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat dengan ditemani nasi hangat dan lauk pelengkap lainnya seperti ikan asin, tempe atau tahu goreng dan kerupuk. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resep ini kepada orang-orang terdekat anda dengan cara klik tombol share.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons