Resep Sate Daging Kambing yang Enak, Empuk dan Sederhana

Sajian hidangan sate adalah salah satu olahan makanan dari daging yang memiliki cita rasa yang lezat dan begitu nikmat.

Hidangan ini umumnya cukup popular dan menjadi salah satu sajian yang banyak dicari dan diminati. Sehingga tidak heran jika sajian sate daging banyak dijual di pedagang kaki lima, restoran bintang lima sampai dengan pedangan keliling.

Selain rasanya yang sedap, sate juga memiliki kandungan gizi yang baik dari daging yakni protein sehingga baik dikonsumsi sebagai menu makanan. Nah, bagi anda yang ingin menghidangkan sendiri sajian sate kambing yang enak, empuk dan sederhana. Berikut ini kami bagikan resepnya.

resep sate kambing

Nama Resep

Resep Sate Daging Kambing yang Enak, Empuk dan Sederhana

4.9 120

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sate Daging Kambing yang Enak, Empuk dan Sederhana

Bahan Utama Membuat Sate Daging Kambing:

  • 500 gr Daging kambing
  • 5 butir bawang merah
  • Garam dan merica
  • 1/2 sdt ketumbar sangrai

Bahan Membuat Saus Sate Daging Sapi:

  • 6 buah cabai rawit hijau, iris bulat
  • 1 sdt kecap asin
  • 6 butir bawang merah, iris halus
  • 4 buah cabai rawit merah, iris bulat
  • 5 sdm Kecap manis
  • 1 buah tomat buang bijinya, potong dadu
  • 2 butir jeruk limau, ambil airnya

Cara Membuat Sate Daging Kambing yang Enak, Empuk dan Sederhana

Cara Mengolah Daging Kambing Sebelum Dimasak:

  1. Langkah pertama terlebih dahulu sebelum anda memasak daging kambing sebelum diolah menjadi sajian sate daging. Sebaiknya silahkan potong-potong daging dengan bentuk dadu ukuran kecil dan hindari memotong daging dengan ukuran terlalu besar dan terlalu tebal, hal ini akan membuat daging yang anda panggang nantinya akan sulit matang secara merata. Potongan yang kecil dengan ukuran lebih tipis akan mempermudah anda mendapatkan tekstur daging yang lebih empuk ketika dibakar.
  2. Setelah selesai memotong-motong daging, sekarang tempatkan daging pada wadah dengan ukuran sedang kemudian ambil ke tempat cucian.
  3. Kita akan mencuci bersih daging sate sebelum dibumbui dan dibakar. Silahkan bersihkan daging hingga benar-benr bersih secara merata.

Cara Membuat Sate Daging Kambing dan Sausnya:

  1. Pertama terlebih dahulu silahkan campur semua bumbu halus dengan menggunakan mesin penghalus atau ditumbuk denga menggunakan ulekan. Pastikan jika semua bumbu halus secara merata.
  2. Setelah dihaluskan, ambil bumbu ini dan lumuri pada daging yang sudah dicuci dan dipotong-potong secara merata hingga semua bagian daging dapat dibersihkan secara merata.
  3. Diamkan sementara sampai bumbu meresap pada daging. Jika anda memiliki daun pepaya, anda bisa membungkus daging dengan menggunakan daun pepaya yang telah diremas-remas agar daging bisa menjadi lebih empuk ketika dibakar.
  4. Cara membuat saus untuk sate daging kambing : Campur cabai rawit dengan cabai hijau bersama dengan bawang merah, kecap asin, tomak, kecap manis dan air jeruk. Tempatkan dalam wadah dan aduk-aduk secara merata sampai semua bahan yang dimasukkan bisa tercampur dengan baik.
  5. Tusuk-tusuk sate dengan menggunakan tusukan sate dengan merata. Lakukan pada semua potongan daging yang tersisa.
  6. Bakar sate diatas bara api, sambil sesekali diberikan olesan saus sedikit saja dan jangan lupa balikan sate agar matangnya merata.

Jika sate sudah matang secara merata dan warnanya sudah menjadi lebih kecoklatan, sekarang angkat sate dari pembakaran dan hidangkan dalam piring saji. Sajian sate ini juga bisa dihidangkan dengan sausnya baik disajikan secara terpisah maupun disirami diatas daging sate.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan komentar anda mengenai resep yang kami bagikan kali ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons