Resep Sambal Ijo Ikan Asin Gurih

Resep Sambal Ijo Ikan Asin Gurih – Ikan asin yang dimasak dengan sambal ijo bisa menjadi inspirasi menu makan yang sederhana namun lezat. Resep ini juga bisa dijadikan pilihan jika ingin menikmati ikan asin dengan olahan yang berbeda. Rasanya yang lezat dan gurih akan menambah nafsu makan, apalagi jika dinikmati dengan nasi putih hangat. Berikut ini resep sambal ijo ikan asin dan cara membuatnya.

Resep Sambal Ijo Ikan Asin Gurih

Resep ini menggunakan bahan utama ikan asin. Kemudian ikan asin yang sudah dibersihkan dimasak bersama sambal ijo. Ikan asin kering digunakan pada resep ini. Sebelum dimasak dengan sambal, ikan asin digoreng terlebih dahulu.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep sambal, resep sambal, sambal
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 20 menit
Porsi 3 orang
Kalori 45 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • ¼ ekor ikan asin kering
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 10 buah cabai hijau kecil
  • 5 buah cabai hijau besar
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Sambal Ijo Ikan Asin

  1. Pertama, silakan panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng ikan asin. Sambil menunggu minyak panas, silakan cuci asin hingga bersih. Tiriskan.

  2. Apabila minyak sudah panas, masukan ikan asin dan goreng hingga matang atau berubah warna menjadi keemasan. Pastikan anda tidak menggoreng ikan asin terlalu kering atau matang karena akan membuat teksturnya menjadi keras. Jika sudah, angkat dan tirkskan terlebih dahulu.

  3. Pada cobek silakan letakan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah dan cabe hijau. Ulek bahan-bahan sambal tersebut.

  4. Jika bumbu sudah dihaluskan silakan tumis dengan menggunakan minyak goreng secukupnya. Aduk merata hingga mengeluarkan aroma harum.

  5. Apabila sudah harum, masukan ikan asin yang sudah digoreng tadi. Aduk merata hingga ikan asin terbalut dengan bumbu.

  6. Tambahkan penyedap rasa, sedikit garam dan gula. Aduk merata hingga bumbu larut.

  7. Silakan koreksi rasanya, jika sudah pas anda bisa langsung mengangkatnya dan menyajikannya pada tempat saji.

Catatan Resep

Sambal ijo ikan asin cocok dinikmati dengan nasi hangat dan tambahan kerupuk. Rasanya yang lezat, pedas dan gurih akan bikin anda ketagihan.

Leave a Reply

Rating Resep