Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Ala Chef Rudy Choirudin

 

Resep Membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Ala Chef Rudy Choirudin

Sajikan dan nikmati kreasi resep dari sang master Chef Rudy Choirudin yang kami kutip resepnya dari channel Youtube pribadi sang master. Resep ini pun disertai dengan video sehingga anda bisa menyimaknya dengan mudah. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword balado kentang goreng, Kentang goreng, sambal goreng kentang
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 45 menit
Total Waktu 1 jam 5 menit
Porsi 4 Orang
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Utama

  • 500 gr kentang bersihkan, potong dadu
  • 500 ml air
  • 100 gram hati ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gram ampela ayam
  • 10 buah biji petai potong 3 bagian
  • 4 buah cabai merah potong serong

Bumbu yang Dihaluskan

  • 8 siung bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 4 siung bawang putih

Bahan dan Bumbu

  • 6 sdm minyak goreng
  • 1 sdt garam
  • 1 sachet Desaku Bubuk Sambal Goreng
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 gelas air
  • 1 gelas santan sedang kentalnya

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Hidangan

  1. Sebelum kita terburu untuk menyimak cara pembuatan hidangan spesial dari kentang goreng kali ini. Akan lebih baik bila kita simak terlebih dahulu tata cara persiapan untuk membuat sajian kali ini. Hal ini dikarenakan langkah persiapan berisikan beberapa cara untuk mengolah bahan-bahan yang ada pada resep dengan merata.

  2. Langkah yang perlu didahulukan adalah membersihkan semua bahan yang ada pada resep dengan merata. Bahan pertama adalah kentangnya, silahkan kupas kentang dengan merata dan bersihkan.

  3. Bila sudah bersih rendam kentang dalam air pada sebuah baskom. Kemudian potong-potong kentang menggunakan pemotong bergerigi dengan bentuk kubus ukuran kecil-kecil.

  4. Bersihkan pula hati dan ampela ayam dengan merata. Caranya kucurkan dibawah air bersih sambil diaduk-aduk dengan merata sampai semua bahan ini bersih.

  5. Nah, setelah semua bahan dipersiapkan dengan merata maka anda akan dapat melanjutkan dengan membuat sajian kali ini. 

Cara Membuat Hidangan

  1. Untuk membuat sajian kali ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan sebuah panci kemudian isikan air secukupnya kedalamnya. Lalu taburi dengan sedikit garam. Rebus ati ampela ayam kedalamnya sampai matang dan mendidih. Setelah mendidih masak kembali sajian ini selama 15 menit dengan merata.

  2. Angkat sajian ini dan dinginkan sementara pada suhu ruangan. Lalu kemudian potong-potong hingga ukurannya menjadi lebih kecil kira-kira 1 cm. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

  3. Kentang yang sudah dikupas dan dibersihkan dengan merata kemudian digoreng. Caranya, siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng secukupnya kedalamnya. Nyalakan api yang sedang dan tunggu sampai minyak menjadi lebih matang dan panas.

  4. Goreng kentang kedalamnya sampai berkulit dan matang dengan merata. Dengan menggunakan serokan silahkan angkat dan tiriskan sajian ini dengan merata.

  5. Kemudian setelah selesai menggoreng kentang seluruhnya. Silahkan gunakan wajan yang sama namun kali ini sisakan sedikit saja minyaknya asal cukup untuk menumis bumbu.

  6. Tumis bumbu halus sampai matang dan tanak juga redius dengan merata. Hingga tercium harum maka tumisan akan siap ditambahkan dengan bahan lainnya.

  7. Masukkan santan kedalam tumisan dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur. Lalu tuangkan 1 sachet Desaku Bubuk Sambal Goreng. Aduk dengan merata dan masak sajian ini sampai matang hingga mengeluarkan minyak.

  8. Tuangkan petai kedalamnya bersama dengan ati ampela yang sudah direbus. Lalu aduk dengan merata dan tambahkan garam bersama dengan gula. Kemudian aduk-aduk semua sajian ini dengan merata.

  9. Tuangkan kentang kedalamnya dan ratakan sajian ini sampai semuanya tercampur dengan merata dan terbumbui dengan menyeluruh.

Video Resep

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka tentu sajian kali ini akan dapat anda hidangkan dan dinikmati selagi masih hangat.

Loading...

One Response

  1. tepung-kentang 8 Mei 2019

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons