Resep Sajian Spesial Kue Kering Lapis Kurma Lebaran yang Paling Sedap dan Nikmat Untuk Keluarga di Momen Lebaran

Nikmatnya buah kurma sudah banyak diketahui oleh orang di samping juga manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi buah tersebut.

Dengan banyak manfaat dan juga rasa mantap yang dimiliki tidaklah heran jika kemudian banyak orang yang menyukai hidangan buah kurma tersebut. Di indonesia yang notabene merupakan negara dengan iklim tropis, buah kurma menjadi salah satu jenis buah impor yang didatangkan dari negara-negara di kawasan Timur Tengah. Meskipun demikian kehadirannya sangatlah lekat dengan tradisi lebaran umat Muslim yang menjadi mayoritas di Indonesia.

Berbicara tentang kurma, bagi anda yang menggemari buah kurma, maka tidaklah salah jika sesekali anda mencoba membuat sajian hidangan kue kering dengan bahan dasar berupa buah kurma. Berikut ini ada salahsatu resep kue kering dengan bahan dasar kurma, yakni kue kering lapis kurma. Penasaran? Silahkan simak di bawah ini!

109

Nama Resep

Resep Sajian Spesial Kue Kering Lapis Kurma Lebaran yang Paling Sedap dan Nikmat Untuk Keluarga di Momen Lebaran
4.9 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 loyang

Aneka Bahan yang anda Perlukan Untuk Membuat dan Mengolah Hidangan Spesial Kue Kering Lapis Kurma Lebaran yang Paling Sedap dan Nikmat Untuk Keluarga di Momen Lebaran

Bahan Isian

  • 150 gram daging kurma yang lembek, potongan berbentuk kotak kecil
  • 75 ml air putih

Bahan Kulit

  • 100 gram mentega asin, dinginkan terlebih dahulu
  • 210 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok teh kulit jeruk lemon
  • ½ sendok teh air jeruk lemon
  • ½ sendok teh baking powder
  • 30 gram tepung maizena
  • 50 gram gula tepung
  • ¼ sendok teh garam
  • 20 gram susu bubuk
  • 50 gram margarine
  • 1 butir telur

Bahan Olesan

    • 2 butir telur, ambil kuningnya saja
    • 1 sendok teh krim kental

¼ sendok teh madu

Bahan Taburan

  • 1 sendok makan wijen sangrai

Cara Membuat dan Mengolah Sajian Spesial Kue Kering Lapis Kurma Lebaran yang Paling Sedap dan Nikmat Untuk Keluarga di Momen Lebaran

Langkah Pengolahan

  1. Buat terlebih dahuli isian kue kering yang hendak anda olah dengan memblender terlebih dahulu daging kurma beserta dengan air. Sisihkan.
  2. Siapkan sebuah wajan, kemudian anda masukan hasil blender kurma tadi ke dalam wajan, kemudian anda masak hingga kurma hasil blender tersebut cukup lembut, lalu dinginkan.
  3. Ambil sebuah wadah bersama dengan mixer lalu anda kocok gula tepung yang anda miliki bersama dengan mentega sin, margarine serta garam selama kurang lebih 30 detik.
  4. Setelah dirasa cukup merata tercampur anda bisa menambahkan telur ke dalam adonan bersama dengan air perasan jeruk lemon dan juga parutan kulit jeruk lemon tersebut. Aduk semua bahan tersebut hingga benar-benar merata dengan sempurna.
  5. Mulai masukan tepung terigu bersama tepung maizena, baking powder dan juga susu bubuk ke dalam adonan yang anda miliki sembari diayak. Aduk semua bahan tersebut kemudian anda masukan ke dalam lemari es dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  6. Ambil kembali adonan anda dari dalam lemari pendingin kemudian anda lanjutkan dengan menggiling tipis adonan yang anda miliki tersebut hingga cukup tipis, lalu anda potong dengan bentuk memanjang dengan lebar kurang lebih 4 cm.
  7. Setelah anda potomg-potong kemudian lanjutkan dengan mengoles isian yang sebelumnya anda buat. Pastikan merata.
  8. Setelah selesai mengolesi kue anda bisa melanjutkan menangkupkan kue anda tersebut dan membungkusnya dengan plastik untuk selanjutnya dimasukan ke dalam freezer.
  9. Sembari menunggu adonan dalam freezer silahkan olesi loyang yang anda hendak gunakan memanggang dengan menggunakan mentega.
  10. Ambil kembali adonan dari dalam freezer, kemudian anda olesi lagi dengan bahan olesan, kemudian anda taburkan wijen di bagian atasnya setelah sebelumnya anda menyusunnya di atas loyang.
  11. Masukan adonan yang telah tersusun rapi di atas loyang tersebut ke dalam oven untuk kemudian anda panggang. Atur suhu ke 150 derajat dan panggang selama kurang lebih 35 menit hingga asjian anda tersebut matang.
  12. Angkat dan dinginkan sebelum anda menyajikannya dan memasukannya ke dalam toples.

Demikian cara pembuatannya. Silahkan untuk mengikuti petujuk bahan dan cara pembuatannya untuk mengolah hidangan kue kering lapis kurma yang lezat ini.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons