Resep Sajian Sedap Bumbu Sop Buntut Sapi Bakar Spesial, Istimewa dan Paling Enak Sekali

Hidangan menu makanan yang diolah dari bahan dasar daging memang selalu lezat dan senantiasa menghasilkan sajian menu makanan yang begitu istimewa.

Jika diperhatikan, rasanya tidak ada sajian makanan berbahan dasar daging yang memiliki cita rasa yang mengecewakan. Justru sebaliknya, hidangan-hidangan tersebut seringkali menjadi hidangan istimewa yang banyak disukai dan diburu banyak orang.

Sebenarnya, ada begitu banyak hidangan makanan yang berbahan dasar daging yang memiliki cita rasa yang begitu khas. Diantaranya yang paling terkenal adalah rendang daging. Siapa yang tidak kenal dengan hidangan rendang daging, kuliner nusantara yang telah mendunia ini memang cukup fenomenal, selain rasanya yang lezat dan begitu khas Indonesia, rahasia yang paling jelas dari hidangan ini adalah penggunaan rempah dan bumbu yang begitu kaya serta pengolahannya yang cukup memakan waktu untuk bisa menghasilkan rendang daging original khas Indonesia dengan rasa yang begitu asli.

Namun demikian, ukan berarti hidangan rendang menjadi hidangan satu-satunya yang berbahan dasar daging dan disukai banyak orang. Ada juga hidangan lain yang memiliki cita rasa lezat yang tak kalah dengan hidangan rending daging. Salah satunya adalah hidangan sop buntut. Anda mungkin tidak asing dengan hidangan yang satu ini atau mungkin anda sebenarnya adalah penggemar berat hidangan yang satu ini.

Nah, yang unik dari hidangan sop buntut adalah ragamnya yakni ada sop buntut bakar dan sop buntut goring, yang maka keduanya memiliki cita rasa yang lezat dan begitu nikmat. Dan kali ini, bagi anda para penggemar sop buntut bakar yang lezat dan istimewa anda bisa membuatnya dirumah dengan resep yang akan kami jelaskan kali ini. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

sop buntut bakar

Nama Resep

Resep Sajian Sedap Bumbu Sop Buntut Sapi Bakar Spesial, Istimewa dan Paling Enak Sekali

4.8 54

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Buntut Sapi Bakar Spesial, Istimewa dan Paling Enak Sekali

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 1000 gr buntut sapi (potong-potong)
  • 2 buah wortel (potong-potong 1 cm)
  • 2 batang seledri segar (iris tipis)
  • 2 sdm mentega
  • 3 buah kentang, kupas kulit, potong dadu
  • 1 sdt garam
  • 2 batang daun bawang (iris kasar)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 butir pala, memarkan
  • 1 1/2 liter air matang
  • 5 butir cengkeh

Rempah dan Bumbu :

  • 5 butir cengkeh
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 butir pala, memarkan
  • 5 siung bawang putih, memarkan
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Sop Buntut Sapi Bakar Spesial, Istimewa dan Paling Enak Sekali

Cara Mengolah Buntut Sapi:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan rebus terlebih dahulu air dalam panci dan masukkan buntu sapi kedalamnya rebus dengan menggunakan api besar hingga mendidih dan keluar buih. Setelah itu buang terlebih dahulu air buihannya.
  2. Ambil panci lain dan masukan buntut kedalamnya dan berikan dengan air kaldu kira-kira secukupnya. Kemudian masukan bumbu dan rempah yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dan rebus buntu dengan api kecil hingga mendidih dan menjadi lebih empuk
  3. Selanjutnya masukan sayuran yakni kentang dan wortel kemudian masak hingg matang dan tambahkan daun bawang serta seledri didihkan sementara kemduian angkat dan matikan kompor.

Cara Membuat Buntut Bakar:

  1. Tiriskan buntut sapi dalam wadah, olesi dengan sedikit mentega.
  2. Panggang sebentar diatas wajan tebal atau panggangan hingga buntut sapi menjadi lebih kecoklatan.
  3. Angkat dan sajikan bersama dengan kuah selagi masih hangat.

Hidangkan bersama dengan bawang goreng dan sajikan selagi masih hangat. Santap bersama dengan nasi hangat dan kerupuk akan terasa lebih lezat.

Bagikan resep ini dan jangan lupa berikan komentar anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons