Resep Roti Panggang Alpukat, Ide Sarapan Praktis dan Sehat

Resep Roti Panggang Alpukat – Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan. Buah alpukat biasanya kita olah menjadi jus. Karena rasanya yang khas dan lezat, ditambah dengan teksturnya yang lembut menjadikan buah alpukat disukai banyak orang.

Untuk anda yang bingung memilih menu sarapan besok, anda bisa berkreasi dengan buah alpukat. Anda dapat membuat roti panggang dengan saus alpukat. Menu sarapan ini praktis dan bisa anda buat dengan mudah di rumah. Rasanya yang lezat tentu akan membuat anda ketagihan.

Yuk simak resep dan cara membuat roti panggang alpukat sebagai ide sarapan yang praktis dan sehat di bawah ini.

Baca juga : Cara Membuat Rolade Ayam Sayur

Resep Roti Panggang Alpukat, Ide Sarapan Praktis dan Sehat

Sajian Breakfast
Masakan Indonesian
Keyword Resep masakan sehat, Resep sarapan sehat, Roti panggang
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 15 menit
Porsi 2
Kalori 200 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 buah alpukat
  • 2 buah roti gandum
  • 1 sdt perasan lemon
  • ¼ sdt garam laut
  • ¼ sdt serpihan lada merah
  • 1 sdt minyak zaitun

Langkah-langkah

Cara Membuat Roti Panggang Alpukat

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu memanggang roti gandum hingga tingkat kerenyahan roti sesuai dengan yang anda inginkan. Jika sudah, silakan angkat dan simpan di atas piring.

  2. Kemudian silakan ambil buah alpukat yang sudah anda siapkan. Pastikan anda menyiapkan buah alpukat yang segar dan kualitasnya bagus.

  3. Setelah itu, silakan potong buah alpukat dan buang bijinya. Lalu anda bisa mengambil daging buah alpukat.

  4. Daging buah alpukat silakan dihaluskan dengan menggunakan garpu. Haluskan buah alpukat dengan tekstur yang anda inginkan.

  5. Ketika anda menghaluskannya, anda bisa memasukan air perasan lemon. Aduk-aduk hingga tercampur merata.

  6. Selanjutnya, silakan buah alpukat yang sudah dihaluskan tersebut anda bagi menjadi dua dan letakan di atas dua iris roti yang sudah anda panggang.

  7. Tambahkan minyak zaitun sedikit di setiap irisan roti.

  8. Langkah berikutnya, silakan taburkan serpihan garam dan lada merah di masing-masing roti.

  9. Terakhir anda bisa menyajikan dan menikmatinya.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Pada buah alpukat terkandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, potasium, folat, serat dan lemak sehat. Dimana pada 100 gram buah alpukat terkandung 160 kalori. Kandungan lemak baik yang terdapat pada buah alpukat itu sendiri menyehatkan dan dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan, serta risiko penyakit jantung akan menurun. Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat buah alpukat lainnya seperti berikut ini.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Berdasarkan penelitian menunjukan, pada buah alpukat terkandung lemak tak jenuh yang akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Membuat Gula Darah Tetap Stabil

Pada alpukat terkandung 25 hingga 30 persen lemak yang akan membuat pencernaan lambat. Sehingga dapat membuat kadar gula darah tetap stabil, serta dapat melawan resistensi insulin. Apabila anda mengonsumsinya dengan tepat, kandungan lemak pada alpukat ini bagus untuk program diet.

Lihat juga : Resep Sup Pangsit Ayam

Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Lemak tak jenuh sehat pada buah alpukat akan membantu tubuh menyerap antioksidan sebagai anti kanker. Sehingga mengonsumsi buah alpukat akan membantu menurunkan risiko penyakit kanker.

Itulah resep roti panggang alpukat dan beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Untuk anda yang sering bingung memilih menu sarapan, anda sekarang bisa mencoba membuat roti panggang alpukat ini untuk keluarga. Selain rasanya yang enak juga sehat dan bergizi. Selamat mencoba.

 

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons