Resep Roti Maryam

Resep Roti Maryam – Roti maryam atau disebut juga dengan roti canai merupakan sajian roti khas India. Bentuknya pipih dan memliki rasa yang gurih. Sajian roti ini bisa dinikmati dengan aneka topping agar semakin lezat. Selain itu, roti maryam juga bisa dinikmati dengan kari atau gulai. Di restoran, kedai makanan ataupun cafe, roti maryam sudah banyak dijual.

Namun, daripada harus membelinya tidak ada salahnya jika anda membuat sajian roti maryam sendiri di rumah. Dengan membuat roti maryam sendiri di rumah, anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Nah, untuk membantu anda membuat sajian roti maryam di rumah, berikut ini kami hadirkan resep dan cara membuat roti maryam.

Resep Roti Maryam

Adonan roti maryam terbuat dari bahan-bahan berupa tepung terigu, telur, kuning telur, susu bubuk, garam, minyak goreng, margarin dan air. Kemudian, adonan dibentuk bulat dan didiamkan selama beberapa saat. Setelah itu dipipihkan dan dibentuk sedemikian rupa. Lalu dipanggang dengan menggunakan teflon hingga matang dan kedua sisinya berubah kecoklatan.

Sajian Snack
Masakan Indian
Keyword aneka resep roti, resep roti maryam, roti maryam
Waktu Persiapan 10 minutes
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 10 buah
Kalori 242 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 500 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur
  • 1 butir kuning telur
  • 25 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml minyak goreng
  • 200 ml air hangat
  • 200 gram margarin

Langkah-langkah

Cara Membuat Roti Maryam

  1. Jika semua bahan sudah selesai disiapkan, sekarang anda bisa langsung membuat roti maryam. Silakan siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan bahan-bahan ke dalamnya seperti minyak goreng, telur dan air hangat. Aduk-aduk semua bahan tersebut asal rata saja.

  2. Tambahkan bahan lainnya seperti susu bubuk, garam dan tepung terigu. Uleni semua bahan-bahan tersebut hingga benar-benar kalis.

  3. Silakan sediakan loyang. Lalu olesi loyang dengan menggunakan minyak goreng.

  4. Adonan yang sudah dibuat silakan dibagi menjadi 10 bagian dengan ukuran sama besar. Lalu bentuk bulat.

  5. Adonan silakan ditata dalam loyang. Kemudian anda bisa mengoleskan minyak goreng supaya bagian permukaannya tidak kering.

  6. Loyang silakan ditutup dengan menggunakan plastic wrap ataupun dengan menggunakan kain lap basah. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.

  7. Ambil 1 adonan, kemudian tipiskan dengan cara ditekan-tekan. Lalu seluruh permukaannya silakan olesi dengan menggunakan margarin. Adonan silakan gulung dengan bentuk memanjang.

  8. Tiap ujungnya silakan ditarik. Lalu bentuk melingkar saling berlawanan seperti huruf  S. Kedua bagian melingkar tadi silakan ditumpuk. Lalu pipihkan, caranya yaitu dengan menekannya menggunakan tangan.

  9. Siapkan teflon anti lengket. Lalu roti maryam silakan dipanggang hingga berubah warna menjadi kecoklatan pada kedua sisinya. Apabila sudah seperti itu anda bisa mengangkatnya.

  10. Terakhir silakan sajikan pada tempat saji.

Catatan Resep

Tips Menyimpan Roti Maryam

Berikut ini beberapa tips menyimpan roti maryam yang dapat anda simak.

  • Apabila roti maryam yang anda buat akan disimpan dalam freezer, anda bisa memanggang roti maryam asal matang saja. Roti maryam tidak harus dipanggang hingga kecoklatan.
  • Roti maryam disimpan di atas kertas roti, kemudian dimasukan dalam wadah kedap udara, setelah itu letakan dalam freezer. Menyimpan roti maryam dengan cara ini akan tahan selama 1 hingga 2 minggu.
  • Sajian roti maryam sudah selesai dibuat. Roti ini bisa dinikmati apa adanya atau juga bisa ditambahkan dengan topping seperti madu, gula, selai, sirup, susu, coklat, mayonaise dan lain sebagainya. Selain itu, roti in juga bisa dinikmati dengan gule sebagai pengganti nasi.

Itulah resep dan cara membuat roti maryam. Kini untuk bisa menikmati sajian roti maryam, anda tidak perlu membelinya. Dengan resep yang kami hadirkan di atas anda bisa membuat sajian roti maryam sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Artikel lainnya : Resep Cake Pisang

Baca Juga  Resep & Cara Membuat Roti Bakar Keju Daging yang Nikmat dan Lezat

Tinggalkan komentar

Rating Resep