Resep & Cara Membuat Roti Jagung Manis Sajian Sarapan yang Lembut dan Nikmat

Hidangan roti jagung manis adalah sajian special yang akan dapat anda buat sendiri di rumah dengan resep yang akan kami bagikan kali ini.

Resep & Cara Membuat Roti Jagung Manis Sajian Sarapan yang Lembut dan Nikmat

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword resep roti, roti jagung
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 1 jam
Diamkan 30 menit
Total Waktu 1 jam 20 menit
Porsi 6 Buah
Kalori 227 kcal
Penulis Kris

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 400 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 1/2 sendok teh ragi instan
  • 100 gram jagung manis parut
  • 80 gram gula pasir
  • 75 gram margarin
  • 1 butir telur dikocok lepas
  • 125 ml air es
  • 15 gram susu bubuk
  • 1 sendok teh garam

Bahan Olesan:

  • 2 sendok makan susu cair
  • 1 kuning telur

Bahan Topping:

  • 125 ml air es
  • 50 gram vla instan
  • 15 gram wijen untuk taburan

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Roti Jagung Manis Sajian Sarapan yang Lembut dan Nikmat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, langkah persiapan menjadi langkah penting yang perlu untuk anda lakukan dengan baik. Hal ini dikarenakan langkah persiapan akan memandu anda bagaimana mengolah beberapa bahan yang ada pada resep. Untuk itu, mari simak beberapa langkah persiapan di bawah ini hanya untuk anda.

  2. Bahan pertama yang akan dipersiapkan adalah telurnya. Sebelum sajian ini dimasak dan dicampurkan dengan bahan lainnya, silahkan masukkan telur dalam wadah dan kocok sajian ini dengan lepas secara merata. Setelah selesai kemudian sisihkan sajian ini.

  3. Siapkan pula baskom sebagai media untuk menguleni adonan roti. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan lebih mudah mencampurkan dan menguleni bahan ini dengan merata. Untuk itu, mari simak beberapa langkah persiapannya di bawah ini. 

Cara Membuat Roti Jagung Manis Sajian Sarapan yang Lembut dan Nikmat:

  1. Selesai dengan langkah persiapan anda akan dapat melanjutkan untuk mencampurkan tepung terigu ke dalam sebuah wadah kemudian masukkan ragi instan ke dalamnya dan tambahkan dengan gula pasir bersama dengan jagung manis dengan merata. Masukkan pula susu bubuk ekdalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua sajian ini hingga merata. 

  2. Masukkan telur ke dalam adonan dan masukkan air es ke dalamnya sedikit demi sedikit dengan merata sambil terus diuleni hingga adonan tercampur merata bersama dengan bahan-bahan lainnya. Pastikan adonan yang anda uleni berubah menjadi lebih kalis secara merata. 

  3. Setelah itu, kemudian anda akan dapat menuangkan margarin bersama dengan garam ke dalam adonan. Lalu uleni kembali bahan ini sampai kalis dengan merata. Setelah itu, diamkan sajian ini selama kurang lebih 30 menit agar adonan berubah menjadi lebih mengembang dengan merata.

  4. Timbang masing-masing adonan sebanyak 75 gram dengan menggunakan timbangan. Selanjutnya anda akan dapat membulatkan adonan tersebut. Setelah itu, diamkan kembali sajian ini selama kurang lebih 10 menit hingga adonan mengembang dengan merata. 

  5. Baru kemudian gulung sajian ini dengan merata dan masukkan dalam loyang. Setelah itu, olesi bagian atasnya dengan menggunakan margarin dengan merata. Lalu diamkan selama 90 menit dengan merata hingga mengembang.

  6. Sambil menunggu kita akan buat toppingnya terlebih dahulu. Caranya siapkan sebuah wadah dan masukkan vla instan ke dalamnya kemudian tuangkan air es dan aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur. Lalu tuangkan dalam kantung plastik segitiga dan aduk dengan merata. 

  7. Oles dengan bahan olesan dengan merata lalu semprtokan topping kebagian atasnya dengan merata. Taburi dengan biji wijen yang sudah disangrai. Setelah itu, panggang kembali sajian ini selama 20 menit diatas suhu 190 derajat sampai matang.

Catatan Resep

Setelah matang maka tentunya anda akan dapat mengeluarkan sajian ini dari oven dan sajikan dalam sebuah wadah untuk kemudian dinikmati.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons