Resep Rica-Rica Bandeng yang Pedas

Resep Rica-Rica Bandeng yang Pedas – Bingung memilih menu makan untuk keluarga di rumah? yuk buat dan sajikan rica-rica ikan bandeng. Ikan bandeng bisa diolah menjadi berbagai menu yang nikmat, baik itu digoreng, dimasak dengan bumbu balado, dimasak dengan bumbu kuning hingga dibuat rica-rica bandeng.

Rica-rica bandeng yang pedas dan gurih berpadu dengan nasi hangat akan bikin makan ketagihan. Nah, kami hadirkan resep dan cara membuat rica-rica ikan bandeng untuk anda. Resepnya sederhana dan cara membuatnya mudah, yuk simak di bawah ini.

Resep Rica-Rica Bandeng yang Pedas

Ikan bandeng diolah dengan bumbu rica-rica yang khas. Sangat nikmat dijadikan menu makan siang atau makan malam.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword resep ikan, resep ikan bandeng, Resep rica-rica bandeng
Waktu Persiapan 15 minutes
Waktu Memasak 30 minutes
Porsi 1
Kalori 148 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 1 ekor bandeng
  • 1 batang serai
  • 2 buah tomat
  • 1 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • 2 cm lengkuas
  • Gula pasir secukupnya

Bahan Bumbu Kasar

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 4 siung bawang merah
  • 3 lembar daun jeruk
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 3 cm jahe
  • 3 siung bawang putih

Langkah-langkah

Cara Membuat Rica-Rica Bandeng

  1. Pertama-tama silakan ambil tomat yang sudah anda sediakan. Lalu potong membentuk dadu. Jika sudah sisihkan terlebih dahulu.

  2. Selanjutnya memarkan serai . Lalu siapkan food processor atau blender, masukan aneka bahan-bahan seperti cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, daun jeruk dan jahe.  Semua bahan-bahan tersebut silakan dihancurkan sampai kasar. Pastikan tidak terlalu halus. Jika sudah selesai silakan sisihkan terlebih dahulu.

  3. Setelah itu, ambil ikan bandeng. Lalu cuci bersih ikan bandeng di bawah air yang mengalir. Pastikan anda mencuci ikan bandeng benar-benar bersih hingga tidak ada kotoran yang menempel pada ikan. Apabila sudah dibersihkan silakan tiriskan terlebih dahulu. Lalu anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan tisu.

  4. Ikan bandeng yang sudah dicuci letakan di atas talenan. Lalu ikan bisa anda potong menjadi beberapa bagian. Ukurannya pastikan tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Setelah selesai dipotong-potong, silakan sisihkan terlebih dahulu ke dalam wadah.

  5. Ambil wajan dan letakan di atas kompor. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan secukupnya untuk menumis bumbu. Panaskan.

  6. Apabila minyak sudah panas, masukan bumbu kasar. Aduk merata dan tumis bumbu hingga matang serta harum.

  7. Tambahkan juga aneka bumbu lainnya seperti daun salam, serai dan tomat. Aduk-aduk lagi hingga tercampur dengan merata dan bumbu layu.

  8. Apabila bumbu sudah tercampur dengan merata, anda bisa langsung memasukan ikan bandeng yang sudah dipotong-potong. Aduk dengan merata dan pelan-pelan sampai ikan terbalut dengan bumbu. Pastikan anda mengaduknya dengan hati-hati agar ikan tidak hancur.

  9. Tambahkan aneka bumbu seperti garam dan gula. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata dan bumbu larut.

  10. Masak ikan bandeng hingga matang dan bumbunya meresap dengan sempurna. Anda bisa mengoreksi rasanya sebelum diangkat. Apabila kurang bumbu bisa ditambahkan lagi sesuai selera.

  11. Terakhir anda bisa langsung mengangkat dan menyajikannya pada tempat saji yang sudah disediakan.

Catatan Resep

Rica-rica ikan bandeng sudah selesai dibuat. Jika ingin sajian rica-rica yang lebih pedas, anda juga bisa menambahkan cabai sesuai selera. Pastikan ikan bandeng dicuci sampai bersih, anda bisa membuang sisiknya maupun jeroannya. Selain menggunakan ikan bandeng, anda juga bisa menggunakan ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu rica-rica. Selamat mencoba di rumah.

 

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Kembung Bumbu Pesmol Khas Betawi Asli yang Enak dan Sedap

Tinggalkan komentar

Rating Resep