Resep Rendang Daging Sapi Hitam Kering yang Empuk dan Sederhana Khas Padang

Sajian makanan yang diolah dari bahan dasar daging seolah tak pernah ada habisnya.

Bahkan semakin hari rasanya semakin banyak lahir menu baru yang begitu bervariasi. Rasa penasaran dan inovasi yang begitu kreatif pada daging, membuatnya banyak melahirkan sajian dan hidangan yang baru.

Nah, bagi anda penikmat daging, anda tentu tidak asing dengan sajian rendang daging bukan? Sajian makanan yang baru-baru ini mendunia sebagai salah satu sajian makanan terlezat didunia ini memang memiliki cita rasa yang begitu istimewa dengan diolah bersama rempah dan bumbu yang begitu istimewa.

Nah, selain itu anda juga bisa membuat sajian ini dirumah dengan mudah. Bagaimana sih cara membuat sajian rending daging sapi hitam kering yang empuk khas kota Padang? Yuk, kita simak berikut ini.

resep rendang sapi hitam

Nama Resep

Resep Rendang Daging Sapi Hitam Kering yang Empuk dan Sederhana Khas Padang

4.7 78

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Rendang Daging Sapi Hitam Kering yang Empuk dan Sederhana Khas Padang

Bahan Utama Rendang Hitam Kering:

  • 1 1/2 Kg daging sapi pilihan
  • 2 biji asam kandis
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 batang serai, memarkan
  • 12 gelas santan (dari 3 butir kelapa)
  • Garam secukupnya

Bumbu Rendang Hitam Kering yang Dihaluskan:

  • 1 ons cabe merah
  • 2 cm jahe
  • 6 siung bawang putih
  • 15 buah bawang merah
  • 5 buah kemiri
  • 3 cm laos (geprek, jangan dihaluskan)

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Hitam Kering yang Empuk dan Sederhana Khas Padang

Cara Mengolah Daging Rendang Hitam Kering:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging yang sudah dipersiapkan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Selanjutnya dalam sebuah wajan yang telah dipanaskan, tuangkan santan beserta dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan bersamaan dengan daun-daun rempah yang baru saja disiapkan juga bersama dengan asam kandis.
  3. Aduk-aduk hingga merata rebusan bumbu ini dan pastikan jika santan yang dituangkan kedalam rebusan tidak menjadi pecah. Untuk itulah, pastikan jika anda terus mengaduk-aduk rebusan bumbu hingga santan mendidih dan mengental.
  4. Apabila telah keluar minyak dari rebusan santan yang sedang anda aduk-aduk, baru masukkan potongan daging sapi yang telah dipersiapkan. Kemudian aduk-aduk hingga daging berubah warna dan bumbu meresap pada daging.
  5. Untuk mengolah daging rendang, anda mungkin akan membutuhkan cukup banyak waktu. Hal ini difungsikan agar bumbu dan rempah yang diolah bisa meresap pada daging dengan sempurna. Untuk itu, bersabarlah dan teruslah mengaduk-aduk daging hingga bumbu mengental dan mengeluarkan minyak. Masak diatas api sedang.
  6. Rahasia mengolah daging rendang agar berwarna hitam dan kering adalah dengan memasak daging menggunakan api kecil. Hanya saja, hal ini akan membutuhkan lebih banyak waktu. Masak hingga bumbu mengering dan daging berubah menjadi berarna hitam.

Cara Menyajikan Daging Rendang Hitam Kering:

  1. Langkah pertama untuk menyajikan daging setelah daging yang dimasak mengering dan berubah warna menjadi berwarna hitam adalah dengan mematikan kompor dan angkat rebusan.
  2. Setelah diangkat, ambil piring saji dan tuangkan rendang yang telah matang kedalam wadah ini.

Sajikan rendang kering hitam yang lezat dna nikmat ini bersama dengan keluarga tercinta. Demikian resep membuat rendang padang hitam kering, semoga bermanfaat dan selamat menikmati.

Jangan lupa bagikan resep hidangan spesial ini dengan mengklik tombol share dibawah ini dan berikan komentar anda tentang resep kali ini.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons