Resep Rempa Tempe Kucai Gurih yang Enak dan Praktis

Resep Rempa Tempe Kucai Gurih yang Enak dan Praktis

Rempa tempe adalah sajian yang mirip dengan perkedel yang enak. Hanya saja bedanya, sajian ini diberikan campuran kelapa parut kasar yang membuat rasa dari sajian ini lebih enak dan gurih. Nah, untuk anda yang ingin membuat hidangan ini di rumah maka tak perlu khawatir berikut ini kami berikan resep dan cara pembuatannya yang akan dapat anda simak dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword perkedel tempe kelapa, rempa tempe
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 25 menit
Porsi 25 Buah
Kalori 254 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 2 batang daun kucai, diiris halus
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 100 gram teri nasi, digoreng
  • 1 buah cabai merah, dibuang biji, diiris halus

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Rempa Tempe Kucai Gurih yang Enak dan Praktis:

  1. Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan untuk mengawali resep kali ini adalah dengan menyimak langkah persiapan dimana cara ini adalah hal penting yang akan membantu anda membuat sajian kali ini. Hal ini dikarenakan kebanyakan langkah persiapan berisikan cara untuk mengolah bahan dan sajian sebelum dimasak dan dicampur dengan bahan lainnya. 

  2. Persiapan pertama adalah dengan mengolah tempenya. Sebelum bahan ini dimasak dan dibumbui silahkan siapkan terlebih dahulu sebuah kukusan dan panaskan dengan merata. Lalu masukkan tempe kedalamnya. 

  3. Kukus tempe selama kurang lebih 10 menit hingga lembut dan matang dengan merata. Lalu angkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah. Ketika masih hangat silahkan hancurkan tempe dan haluskan bahan ini dengan merata.

  4. Setelah selesai sisihkan sementara dan anda akan dapat melanjutkan dengan memarut kelapa dengan kasar. Masukkan dalam wadah dan jauhkan dari air atau tempat yang basah. 

  5. Kocok telur dengan lepas dan cincang kucai sampai halus. Masukkan dalam wadah yang terpisah dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bahan lainnya. 

Cara Membuat Rempa Tempe Kucai Gurih yang Enak dan Praktis:

  1. Untuk membuat rempa tempe silahkan masukkan bumbu halus kedalamnya. Lalu aduk dengan merata semua sajian ini sampai merata dan tercampur dengan merata. 

  2. Baru kemudian masukkan kelapa parut kedalamnya dan masukkan pula cabai bersama dengan potongan daun kucai. Lalu aduk-aduk dengan merata semua sajian ini hingga merata dan tercampur dengan sempurna.

  3. Baru kemudian tuangkan telur dan aduk-aduk dengan merata serta pastikan telur tercampur dengan semua bahan yang baru saja anda masukkan. Bumbui sajian ini dengan menggunakan penyedap rasa bila anda suka. Lalu aduk dengan merata hingga tercampur. 

  4.  Setelah itu, tuangkan teri nasi yang sebelumnya sudah digoreng dengan matang dan kering. Baru kemudian sisihkan sajian ini. 

  5. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Gunakan api yang sedang dan panaskan sajian ini dengan merata. 

  6. Ambil sedikit adonan dan pipihkan dengan bentuk oval. Lalu masukkan dalam minyak panas dan goreng sampai berwarna kekuningan dan matang merata. Angkat dengan menggunakan serokkan dan tiriskan sementara minyaknya. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka sajikan hidangan ini dalam wadah saji dan nikmati ketika masih hangat. Dicocol dengan sambal pedas atau saos akan membuat rasanya lebih nikmat dan enak.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons