Resep/Recipe dan Cara Memasak Tumis Labu Siam Tempe yang Lezat dan Sederhana

Resep tumis labu siam tempe ini bisa menjadi referensi bagi anda jika suatu saat anda merasa bingung ketika hendak menyajika menu untuk keluarga di rumah.

Resep tumis labu siam tempe ini bisa anda buat dengan mudah di rumah karena proses membuatnya tergolong sederhana. Rasa lezat yang dihasilkan akan memanjakan lidah anda dan rasa gurih yang dihasilkan dari santan akan membuat anda ketagihan untuk terus mencicipinya.

Lantas apa saja resep da bagaimana cara memasaknya? Di bawah ini kami sajikan resep dan cara membuat tumis labu siam tempe yang lezat khusus untuk anda. Yuk simak!

Tumis labu siam tempe

Nama Resep

Resep/Recipe dan Cara Memasak Tumis Labu Siam Tempe yang Lezat dan Sederhana

4.7 178

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Memasak Tumis Labu Siam Tempe yang Lezat dan Sederhana

Bahan Utama Tumis Labu Siam Tempe

  • 250 gram labu siam
  • 150 gram tempe
  • 25 gram petai cina
  • 3 buah tomat hijau
  • 450 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu Tumis Labu Siam Tempe

  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sendok teh garam atau secukupnya
  • 1 sendok teh gula merah atau secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Membuat Tumis Labu Siam Tempe

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 1/2 sendok teh ebi
  • 3 buah cabai merah

Cara Memasak Tumis Labu Siam Tempe yang Lezat dan Sederhana

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Labu Siam Tempe

  1. Pertama-tama buang getah labu siam yang telah anda siapkan. Dimana caranya yaitu potong labu siam. Lalu gosok-gosokan hingga getah labu siam keluar. Setelah itu, kupas labu siam dan potong membentk korek api. Lalu cuci dengan menggunakan air bersih.
  2. Selanjutnya, potong kotak tempe yang telah anda siapkan. Lalu panaskan minyak secukupnya pada wajan. Apabila minyak telah panas, anda bisa langsung menggoreng tempe yang telah dipotong-potong tersebut hingga berkulit.
  3. Kemudian, potong-potong tomat hijau dan memarakan lengkuas.
  4. Setelah itu, seduh ebi yang telah disiapkan. Lalu sangarai.
  5. Haluskan semua bumbu halus beserta ebi yang telah disangrai. Anda bisa menghaluskannya dengan cara ditumbuk atau diblender.

Cara Memasak Tumis Labu Siam Tempe

  1. Dalam tahap memasak, langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memanaskan minyak goreng secukupnya. Apabila minyak telah panas, anda bisa langsung memasukan semua bumbu yang telah dihaluskan, lengkuas dan daun salam. Tumis bumbu-bumbu tersebut sampai tercium harum. Jika sudah seperti itu, anda bisa langsung menambahkan tomat. Aduk hingga tomat menjadi layu.
  2. Setelah itu, tambahkan labu siam yang telah anda potong, tempe yang telah digoreng beserta petai cina. Aduk semua bahan tersebut sampai merata.
  3. Selanjutnya, masukan santan beserta bumbu-bumbu seperti garam dan gula merah. Aduk merata hingga bumbu menjadi larut. Lalu masak kembali hingga semua bahan matang dan bumbu meresap dengan sempurna. Apabila telah dirasa matang anda bisa langsung menyajikannya pada piring saji yang telah disiapkan.

Tumis labu siam tempe ini bisa anda santap bersama dengan nasi putih hangat pada saat makan siang atau makan malam. Agar lebih nikmat, anda bisa menyantapnya bersama lauk pauk pelengkap lainnya.

Itulah resep dan cara membuat tumis labu siam tempe. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membagikan resep ini kepaa orang-orang yang ada di sekitar anda dnegan cara klik tombol share yang telah kami sediakan.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons