Resep & Cara Membuat Rawon Surabaya yang Lezat dan Gurih Lengkap dengan Bumbu

 

Resep Cara Membuat Rawon Surabaya yang Lezat dan Gurih Lengkap dengan Bumbu

Sajikan nikmat dan sedapnya rawon Surabaya yang lezat dan gurih. Sajian ini akan dapat anda jadikan sebagai menu hidangan utama di rumah yang bisa anda santap bersama dengan keluarga. Nikmati pula sajian ini bersama dengan taoge kecambah yang memang menjadi ciri khas dari sajian rawon yang sedap.

Bila anda penikmat pedas maka anda bisa memberikan tambahan sambal kedalamnya. Atau mungkin mensiasati kuah kaldu dengan memasukkan beberapa rawit kedalamnya untuk memberikan rasa pedas alami dari kaldu daging yang anda masak. Nah, bila anda penasaran seperti apa resep dari sajian kali ini maka mari kita simak dibawah ini lengkap dengan bumbu dan tata caranya. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword rawon surabaya, resep rawon daging
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 1 jam
Total Waktu 1 jam 10 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 520 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging sapi sandung lamur
  • 3 liter air
  • 3 bungkus penyedap rasa sapi
  • 3 lembar daun jeruk purut segar
  • 1 batang serai memarkan
  • 5 sendok makan minyak goreng
  • 1 dengkul sapi
  • 2 daun bawang potong potong seukuran 1 cm

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Rawon Surabaya yang Lezat dan Gurih Lengkap dengan Bumbu:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, terlebih dahulu kita dahulukan langkah persiapan. Hal ini dikarenakan langkah persiapan berisikan beberapa langkah untuk mengolah bahan yang ada pada resep. Pada dasarnya, langkah persiapan akan memandu anda bagaimana mengolah beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

  2. Adapun bahan pertama yang akan kita persiapkan adalah daging sapi dan dengkul sapinya dengan merata. Untuk daging sapi, silahkan potong daging dengan ukuran yang lebih kecil kira-kira cukup untuk satu suapan.

  3. Lakukan dengan menggunakan pisau dan tatakan. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara bahan ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

  4. Sementara untuk dengkul sapi, belah bahan ini menjadi dua bagian. Anda bisa menggunakan pisau atau kapak dengan ukuran besar. Atau minta pedagang untuk memotongnya untuk anda agar lebih mudah dan aman. 

  5. Bila sudah selesai dengan beberapa persiapan diatas maka anda akan dapat melanjutkan membuat hidangan ini dengan merata. Simak langkahnya dibawah ini.

Cara Membuat Rawon Surabaya yang Lezat dan Gurih Lengkap dengan Bumbu:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan siapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya. Dan rebus daging sapi bersama dengan dengkulnya sampai lunak dan matang dengan merata. Angkat daging dan sisihkan dengan merata. Lalu masukkan penyedap penyedap kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur. 

  2. Siapkan sebuah wajan diatas kompor dan panaskan dengan merata menggunakan api yang sedang. Lalu masukkan sedikit minyak goreng kedalamnya lalu panaskan dengan merata bahan ini. 

  3. Masukkan bumbu halus kedalamnya bersama dengan lengkuas dan daun jeruk juga serai. Lalu aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur merata. 

  4. Masukkan potongan daging kedalam tumisan dan masak sajian ini sampai bumbu meresap kedalam daging yang anda masak dengan merata. Setelah itu, baru masukkan tumisan ini bersama daging kedalam rebusan daging yang anda masak.

  5. Masak dengan menggunakan api yang kecil dan biarkan bahan ini sampai dengkul menjadi lebih matang dan dagingnya lebih lunak dengan merata. Baru matikan kompor.

Catatan Resep

Hidangkan sajian ini dalam sebuah mangkuk dan nikmati selagi masih hangat. Sajikan pula bersama dengan kerupuk udang yang enak dan renyah.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons