Resep & Cara Membuat Rawon Daging Tahu Lauk Nikmat yang Sedap Lengkap dengan Bumbu

 

Resep Cara Membuat Rawon Daging Tahu Lauk Nikmat yang Sedap Lengkap dengan Bumbu

Hidangkan lezatnya sajian rawon daging tahu sebagai lauk yang nikmat di rumah anda. Berikut ini resep yang akan dapat anda simak untuk bisa menyajikan hidangan ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep rawon, rawon daging tahu
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 1 jam 5 menit
Total Waktu 1 jam 20 menit
Porsi 10 Orang
Kalori 518 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging sengkel
  • 2500 ml air
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 4 batang serai, dimemarkan
  • 5 buah tahu kulit dipotong 2 bagian
  • 2 sendok makan garam
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 butir kemiri, disangrai
  • 12 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit dibakar
  • 8 buah keluak diseduh
  • 4 siung bawang putih

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Rawon Daging Tahu Lauk Nikmat yang Sedap Lengkap dengan Bumbu:

  1. Awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Persiapan bahan menjadi langkah penting guna memudahkan anda membuat sajian kali ini. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan penting dari resep kali ini.

  2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan adalah daging sengkelnya. Ukuran daging yang terlalu besar akan mungkin sulit untuk disantap dalam satu kali santapan. Untuk itulah, silahkan potong-potong terlebih dahulu daging dengan ukuran yang lebih kecil. 

  3. Ada dua metode pemotongan daging bisa ketika daging masih mentah. Atau dengan merebusnya terlebuh dahulu. Kedua metode ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. 

  4. Nah, setelah selesai daging silahkan siapkan pula tahu sebagai bahan campuran dari sajian kali ini. Potong tahu menjadi dua bagian dan masukkan dalam wadah. Untuk tahu yang digunakan adalah tahu kulit atau tahu dengan warna coklat.

  5. Setelah selesai dengan semua persiapan ini maka anda akan dapat langsung membuat hidangan kali ini dan meracik bumbu untuk campurannya. Mari simak dibawah ini.

Cara Membuat Rawon Daging Tahu Lauk Nikmat yang Sedap Lengkap dengan Bumbu:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara menyiapkan sebuah panci diatas kompor dan masukkan air kedalamnya dengan merata. Lalu masukkan potongan daging yang sudah anda siapkan. Rebus daging sampai matang dan empuk dan taburkan sedikit garam untuk memberikan rasa yang lebih lezat dari sajian kali ini.

  2. Matikan kompor ketika daging sudah empuk dan matang. Lalu pisahkan kaldu rebusan menjadi kira-kira 2 liter untuk sisa kaldunya anda bisa membuangnya.

  3. Sementara untuk sisa kaldu ini silahkan rebus kembali bersama daging sampai mendidih dan matang. Namun selagi menunggu mendidih silahkan tumis bumbu dalam wajan.

  4. Caranya siapkan sebuah wajan dan panaskan dengan api yang sedang pada kompor. Lalu masukkan sedikit minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak panas merata. 

  5. Masukkan bumbu halus bersama dengan daun jeruk dan serai. Lalu aduk-aduk dengan merata semua sajian ini sampai harum dan matang merata. Baru masukkan daun bawang kedalamnya dan aduk kembali hingga tercampur dan lebih layu. 

  6. Tuangkan tahu kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata. Lalu masukkan bumbu ini kedalam rebusan daging yang anda masak lalu kemudian aduk dengan merata sampai tercampur dan teraduk.

  7. Bumbui kuah kali ini dengan menggunakan garam, merica bubuk dan juga berikan gula pasir secukupnya kedalam sajian kuah. Lalu aduk-aduk dengan merata sampai semuanya larut. Kecilkan api dan masak sajian ini sampai matang.

Catatan Resep

Nah, setelah matang angkat dan nikmati ketika masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons