Resep & Cara Membuat Rawon Daging Bumbu Instan yang Praktis dan Mudah

 

Resep Cara Membuat Rawon Daging Bumbu Instan yang Praktis dan Mudah

Hidangan rawon daging bumbu instan adalah sajian istimewa yang pembuatannya mudah. Sehingga cocok sekali untuk anda yang ingin memasak sajian lezat namun mudah. Penasaran seperti apa saja resep dari hidangan kali ini mari kita simak informasi menariknya dibawah ini hanya untuk anda. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword rawon daging bumbu instan, resep rawon daging
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 1 jam 5 menit
Total Waktu 1 jam 20 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 496 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg daging direbus
  • secukupnya bawang merah goreng untuk taburan
  • secukupnya garam & gula
  • 1 buah tomat iris-iris
  • 3 buah kluwek
  • 2 batang daun bawang/prei iris-iris
  • 3 sdm bumbu serbaguna

Langkah-langkah

Cara Membuat Rawon Daging Bumbu Instan yang Praktis dan Mudah:

  1. Awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Cara ini akan penting untuk anda lakukan terlebih dahulu sebab sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya, ada beberapa bahan yang perlu diolah dan diiris terlebih dahulu. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan dibawah ini.

  2. Bahan pertama yang perlu dipersiapkan adalah dagingnya. Sebelum daging dimasak dan dicampurkan dengan bahan lainnya, silahkan potong daging dengan ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah disantap.

  3. Caranya adalah dengan mengambil sebuah tatakan dan ambil pula sebuah pisau. Lalu ambil daging dan potong-potong daging dengan ukuran yang cukup satu suapan. Setelah selesai masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sajian ini.

  4. Bila sudah selesai kemudian anda akan dapat memastikan bahwa semua bumbu sudah anda persiapkan dengan merata. Sebab nantinya anda akan langsung untuk membuat sajian rawon bumbu instan kali ini. 

Cara Membuat Rawon Daging Bumbu Instan yang Praktis dan Mudah:

  1. Untuk membuat sajian rawon kali ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah panci terlebih dahulu dan masukkan air kedalamnya secukupnya saja. Lalu masukkan potongan daging dan berikan taburan garam untuk memberikan rasa dan selera pada rebusan daging kali ini. 

  2. Setelah selesai dan matang, silahkan matikan kompor dan takar kaldu dari rebusan kira-kira cukup untuk membuat kaldu dari sajian rawon kali ini. Sisa kaldu yang tidak digunakan bisa anda buang. Sementara untuk kaldu yang sudah dipisahkan silahkan didihkan kembali dengan merata. 

  3. Sambil menunggu hidangan rebusan daging matang dan merata, silahkan tumis terlebih dahulu bumbu. Siapkan wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Setelah wajan panas, silahkan masukkan minyak kedalamnya dan panaskan dengan merata. 

  4. Baru masukkan kluek kedalamnya dan goreng sebentar. Angkat kluek dan haluskan dengan merata. Lalu masukkan kembali dan tumis sajian ini bersama dengan bumbu kuning sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. 

  5. Setelah itu, baru masukkan sedikit air kaldu dari rebusan dan aduk-aduk dengan merata sampai mendidih. Masukkan bumbu tumisan kedalam rebusan daging dan aduk-aduk dengan merata semua sajian ini sampai tercampur.

  6. Bumbui rebusan dengan garam, merica, penyedap rasa dan berikan pula garam. Lalu aduk-aduk dengan merata semua sajian ini sampai tercampur. Baru masukkan pula bumbu serbaguna dan aduk merata.

  7. Menjelang diangkat silahkan masukkan tomat bersama dengan daun bawang yang sudah diiris. Lalu aduk-aduk dengan merata dan angkat setelah matang.

Catatan Resep

Kini sajian rawon bumbu instan sudah matang dan akan dapat anda nikmati selagi masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons