Aneka Resep Puding Sutra yang Enak, Lembut dan Sedap

Resep Puding Sutra – Puding sutra, teksturnya lembut dan rasanya nikmat. Berikut ini kami hadirkan aneka resep puding sutra, ada resep puding sutra lava, puding sutra topping buah dan puding sutra leci. Yuk simak di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Puding Sutra Lava yang Nikmat

Sajian Dessert
Masakan Indonesian
Keyword Puding, Puding SUtra, Resep Puding
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 1 jam
Porsi 8
Kalori 158 kcal

Bahan-bahan

Bahan Untuk Membuat Puding

  • 25 gram cokelat bubuk
  • 1.200 ml susu cair
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sdt agar-agar bubuk
  • 1/2 sdt pasta cokelat
  • 1/2 bungkus jeli bubuk instan

Bahan Untuk Lava

  • 2 sdt maizena
  • 75 gram gula pasir
  • 300 ml susu cair
  • 1/2 sdt vanila esens
  • 1 buah kuning telur

Langkah-langkah

Cara Membuat Lava

  1. Pertama kali langkah yang harus dilakukan yaitu membuatlava. Silakan siapkan panci berukuran kecil lalu masukan susu cair ke dalamnya.Rebus susu cair dengan menggunakan api kecil hingga mendidih.

  2. Selanjutnya, silakan masukan maizena ke dalamnya. Aduk-aduklagi hingga merata dan meletup-letup. Jika sudah, silakan matikan api.

  3. Untuk campuran susu silakan diambil sedikit saja. Lalu andabisa memasukannya ke dalam kuning telur. Aduk-aduk hingga merata. Lalu andabisa memasukannya kembali. Silakan aduk-aduk dengan cepat.

  4. Nyalakan kembali api. Lalu aduk-aduk lagi hinggameletup-letup.

  5. Kemudian masukan vanila esens. Aduk-aduk hingga merata dansisihkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Puding

  1. Silakan siapkan wadah dan masukan semua bahan puding ke dalamnya. Lalu anda bisa mengaduk-ngaduk semua bahan puding tersebut hingga tercampur dengan merata.

  2. Kemudian silakan nyalakan api. Anda bisa memasak bahan-bahan puding ini sambil terus diaduk-aduk hingga merata dengan menggunakan api kecil sampai mendidih.

  3. Selanjutnya silakan ambil gelas. Anda bisa menuangkan puding dengan tinggi ¾ tinggi gelas. Diamkan selama beberapa saat hingga puding setengah beku.

  4. Untuk bagian tengah puding silakan dikeruk sedikit. Lalu anda bisa menuangkannya bahan lava. Lalu silakan bahan puding dituangkan kembali. Tunggu beberapa saat hingga beku.

  5. Terakhir anda bisa mendingkannya. Jika sudah dingin, anda bisa langsung menikmatinya.

Puding sutra yang enak dan lembut sudah selesai dibuat. Nikmati dalam keadaan dingin agar lebih nikmat. Anda bisa membuat sajian puding sutra ini sebagai menu dessert atau hidangan pada acara-acara tertentu.

Resep dan Cara Membuat Puding Sutra Toping Buah

Resep Puding Sutra

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 5 kaleng air, anda bisa menggunakan kaleng bekas susu atau tempat air
  • Buah kalengan sesuai selera
  • Sirup rasa jeruk atau mangga sesuai dengan selera
  • Stroberi secukupnya
  • Kiwi secukupnya
  • Biji selasih secukupnya
  • Cup berukuran kecil

Cara Membuat Puding Sutra Topping Buah-Buahan

  1. Jika bahan-bahan sudah siap, anda bisa langsung membuat puding sutra topping buah. Silakan ambil panci berukuran kecil lalu masukan bahan-bahan seperti agar-agar, air dan susu. Aduk-aduk semua bahan ini hingga merata dan rebus sampai mendidih.
  2. Apabila adonan sudah mendidih, anda bisa mengangkatnya. Aduk-aduk lagi hingga uapnya hilang.
  3. Silakan ambil cup berukuran kecil dan anda bisa menuangkan puding dalam cup tersebut. Diamkan selema beberapa saat sampai setengah beku.
  4. Selanjutnya silakan tuangkan sirup jeruk pada setiap cupnya. Tunggu beberapa saat hingga beku. Nantinya sirup akan menjadi terserap oleh puding.
  5. Pada masing-masing cup anda bisa menambahkan buah kaleng.
  6. Lalu anda bisa menambahkan topping lainnya seperti potongan buah segar yang sudah anda siapkan, beserta biji selasih.
  7. Terakhir anda bisa menyajikannya.

Puding sutra buah sudah selesai dibuat. Tampilannya yang cantik dan rasanya yang enak sangat cocok disajikan pada acara spesial. Anda bisa mengganti topping buah tersebut dengan aneka topping lainnya sesuai selera.

Baca juga : Resep Potato Wedges

Resep dan Cara Membuat Puding Sutra Leci yang Enak

Resep Puding Sutra

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 750 ml susu kedelai
  • 200 ml sirop leci
  • 1 kuning telur ayam
  • 300 ml susu cair UHT

Bahan Kering

  • 1 sendok teh agar-agar bubuk
  • 1 sendok teh jeli bubuk
  • 2 sendok makan creamer bubuk
  • 2 sendok teh gula pasir
  • Bahan Untuk Topping
  • 2 buah jeruk nipis
  • 385 gram leci kaleng

Cara Membuat Puding Sutra Leci

  1. Pertama-tama, silakan ambil buah jeruk nipis yang sudah anda sediakan. Lalu belah menjadi dua bagian dan ambil airnya.
  2. Langkah selanjutnya silakan tiriskan terlebih dahulu leci dalam kaleng yang sudah anda sediakan. Lalu campurkan semua bahan kering.
  3. Selanjutnya silakan siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan puding. Lalu masukan bahan-bahan seperti sirop leci, susu dan bahan kering. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata.
  4. Kemudian rebus dan aduk-aduk hingga agar-agar dan butiran jeli menjadi larut dan merata. Masak semua bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Jika sudah seperti itu, silakan angkat.
  5. Silakan adonan puding diambil sebanyak 1 sendok sayur. Lalu campurkan dengan bagian kuning telur. Kocok cepat hingga bahan ini tercampur dengan merata. Jika sudah, anda bisa menyaringnya.
  6. Untuk adonan telur silakan dituangkan ke dalam panci yang berisi susu sambil terus diaduk-aduk hingga merata.
  7. Buih yang mengembang di permukaan susu silakan dibuang. Kemudian anda bisa mengangkat dan menyaringnya.
  8. Silakan adonan puding dituangkan pada wadah saji. Jika adonannya sudah tidak panas, anda bisa menyimpannya dalam lemari es hingga keras atau selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah seperti itu, anda bisa mengeluarkannya dari kulkas.
  9. Setelah itu, silakan tambahkan topping di atasnya. Terakhir anda bisa menyajikannya untuk keluarga di rumah.

Puding sutra leci sudah selesai dibuat. Teksturnya yang lembut dengan topping leci yang nikmat akan memanjakan lidah anda.

Tips Membuat Puding Sutra Agar Hasilnya Lembut dan Halus

  1. Perlu anda ketahui takaran untuk bubuk jelly dalam pembuatan puding sutra sedikit berbeda seperti membuat puding biasanya. Anda bisa mengurangi bubuk jeli sedikit saja supaya hasil puding menjadi lembut. Menggunakan bubuk jelii yang terlalu banyak akan membuat tekstur puding menjadi kenyal dan keras.
  2. Pada puding sutra anda perlu menambahkan tepung maizena. Selain akan membuat puding kental, namun tambahan tepung maizena juga akan membuat tekstur puding sangat lembut.
  3. Sebelum anda memasak puding, sebaiknya anda campurkan terlebih dahulu bahan kering seperti tepung maizena, bubuk jelly, perasa jika menggunakan dan gula. Anda harus mengaduknya sampai rata.
  4. Ketika merebus puding anda harus memakai api kecil sambil terus menerus diaduk menggunakan whisker. Ini dilakukan supaya susu tidak pecah dan tercampur dengan rata. Anda juga sebaiknya jangan memasak puding hingga mendidih sebab akan membuat puding pecah. Anda cukup memasak puding hingga panas dan permukaannya berbuih.
  5. Jika puding sudah matang dan dingin, anda bisa segera memindahkannya dalam cetakan. Anda sebaiknya memakai cetakan berukuran kecil sebab puding sutra teksturnya sangat lembut sehingga mudah hancur. Sehingga apabila dicetak dalam cetakan besar sulit dipotong-potong.

Itulah aneka resep puding sutra dan cara membuatnya yang bisa anda ikuti dengan mudah. Untuk anda yang ingin menyajikan dessert nikmat namun sederhana untuk keluarga, pilihan puding di atas bisa anda buat di rumah dengan mudah. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons
Scroll to Top