Resep Perkedel Tempe Goreng Celup yang Enak dan Lezat

Resep Perkedel Tempe Goreng Celup yang Enak dan Lezat

Sajian perkedel tempe akan dapat anda nikmati ketika masih hangat. Pembuatan dari sajian kali ini pun terbilang cukup mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa saja resepnya? Mari simak dibawah ini hanya untuk anda. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword perkedel tempe, tempe goreng
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 240 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 1 butir telur
  • 1 batang seledri diiris halus
  • 50 gram kulit ayam

Bumbu Halus:

  • 2 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabai rawit merah

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Perkedel Tempe Goreng Celup yang Enak dan Lezat:

  1. Langkah persiapan menjadi hal penting yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik. Sebab langkah-langkah ini berisikan tentang beberapa cara mengolah bahan yang tidak dicantumkan pada resep sebab langkahnya perlu dijelaskan dengan detail. Oleh karenanya, menyimak langkah persiapan sama dengan memperhatikan langkah untuk mempermudah pembuatan sajian kali ini. 

  2. Adapun langkah persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mempersiapkan tempenya secara merata. Silahkan siapkan kukusan karena tempe perlu kita kukus terlebih dahulu. 

  3. Kukus tempe dalam sebuah panci kira-kira selama 10 menit dengan merata sampai lebih firm. Lalu angkat sajian ini dan ketika masih hangat silahkan haluskan dengan menguleknya menggunakan ulekan sampai halus dengan merata. Lalu sisihkan. 

  4. Setelah itu, anda akan dapat mencincang halus kulit ayam yang sudah dicuci dengan bersih. Sajian kulit ayam akan menjadi campuran yang memberikan rasa gurih dari masakan tempe yang kita buat kali ini. 

  5. Selesai dengan bahan diatas maka silahkan lanjutkan dengan mengocok telur sampai merata dan lepas. Dimana bahan ini akan dijadikan bahan pencelup untuk sajian kali ini.

  6. Bila semua persiapan sudah dilakukan dengan merata maka langkah selanjutnya anda akan dapat mulai membuat sajian perkedel tempe goreng kali ini.

Cara Membuat Perkedel Tempe Goreng Celup yang Enak dan Lezat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengambil tempe yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan kedalamnya bumbu halus. Lalu aduk-aduk dengan merata dan pastikan bila tempe bersama dengan bumbu yang anda masukkan tercampur dengan merata. 

  2.  Lalu kemudian silahkan tuangkan potongan kulit ayam cincang kedalamnya dan aduk kembali semua sajian ini dengan merata hingga merata dan tercampur.

  3. Kemudian tuangkan seledri dan aduk-aduk dengan menggunakan sendok dengan merata. Pastikan potongan seledri merata dan tidak hanya berkumpul pada satu adonan saja.

  4. Untuk telur sebaiknya bahan ini dikocok dengan lepas dan disimpan dalam wadah yang bagian atasnya terbuka lebar semisal piring kecil untuk memudahkan anda mencelupkan sajian ini.

  5. Ambil adonan dan bentuk dengan bulat agar tebal. Lakukan cara yang sama pada adonan yang masih ada. Lalu sisihkan dalam wadah yang lain secara merata. 

  6. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya dengan merata. Lalu nyalakan api yang sedang. Bila minyak dalam wajan sudah matang dan panas maka celupkan terlebih dahulu adonan yang sudah dibulatkan kedalamnya. 

  7. Baru masukkan dalam wajan berisikan minyak panas dan goreng sajian ini sampai matang dan merata. Jangan lupa dibalik agar sajian ini matang merata pada seluruh bagian. 

Catatan Resep

Angkat dengan menggunakan serokkan untuk perkedel yang sudah matang. Tiriskan terlebih dahulu sajian ini baru kemudian hidangkan dalam wadah.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons