Resep Perkedel Tempe Campur Jamur yang Gurih dan Kering

Resep Perkedel Tempe Campur Jamur yang Gurih dan Kering

Sajian perkedel tempe campur kelapa parut dan jamur kali ini sering pula dikenal dengan sebutan Rempe. Hidangan rempe adalah sajian yang enak untuk teman nasi yang sedap atau bagi anda yang ingin menyantap sajian ini sebagai cemilan maka tentu anda boleh melakukannya.

Nah, bila anda penasaran seperti apa saja resepnya maka tak perlu khawatir dibawah ini adalah informasi dan tutorial membuat hidangan perkedel tempe campur jamur yang enak dan sedap. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword perkedel tempe jamur, resep tempe
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 20 Buah
Kalori 254 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tempe kukus, haluskan
  • 4 buah jamur merang, iris halus
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 buah cabai merah buang biji, iris serong
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 sendok teh garam
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 liter minyak untuk menggoreng

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 butir bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 siung bawang putih

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Perkedel Tempe Campur Jamur yang Gurih dan Kering:

  1. Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu memperhatikan langkah persiapan. Cara ini adalah hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik sebab langkah persiapan berisikan beberapa cara mengolah bahan yang ada pada resep. 

  2. Adapun langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah kukusan. Panaskan dengan merata dan masukkan tempe yang sudah anda siapkan kedalamnya.

  3. Kukus tempe sampai agak lembut selama kurang lebih 10 menit dengan merata. Bila sudah matang kemudian sisihkan dalam wadah sebab nantinya bahan ini akan kita hancurkan. 

  4. Kemudian iris jamur merang dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam wadah. Lalu cuci bersih sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

  5. Kocok pula telur dalam sebuah wadah hingga lepas dan merata. Baru setelah itu, sisihkan sementara kemudian anda akan siap untuk membuat bumbu dan campuran lainnya. 

Cara Membuat Perkedel Tempe Campur Jamur yang Gurih dan Kering:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan haluskan tempe dengan merata dalam sebuah wadah ketika masih hangat. Gunakan ulekan atau dengan menggunakan garpu hingga halus merata. Baru setelah itu, sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.

  2. Kemudian setelah itu, campurkan bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai tercampur.

  3. Bila sudah selesai masukkan kelapa parut kedalamnya bersama dengan jamur merang. Lalu aduk-aduk dengan merata hingga tercampur.

  4. Masukkan pula kedalamnya telur bersama dengan daun bawang dan cabai merah. Lalu aduk kembali merata. Baru tuangkan bumbu seperti garam, gula pasir dan juga merica bubuk. Lalu aduk merata. 

  5. Setelah selesai maka anda akan dapat mengambil sedikit adonan lalu bentuk dengan oval pipih. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak kedalamnya lalu panaskan dengan merata. 

  6. Tuangkan adonan kedalamnya dan goreng sajian ini dengan merata hingga berwarna kecoklatan dan matang merata. Angkat sajian ini dengan menggunakan serokkan lalu tiriskan sementara minyaknya.

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka tentunya sajian ini akan dapat anda hidangkan dan dinikmati ketika masih hangat dan enak.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons