Resep Pastel Manis

Resep Pastel Manis – Ketika mendengar kata pastel, yang terlintas dalam pikiran anda pastinya adalah sajian kue dengan bentuk setengah lingkaran dengan pinggiran berbentuk kepangan. Tentunya, kue pastel sudah menjadi salah satu jajanan tradisional favorit sejak dahulu.

Pada umumnya, pastel diberi isian yang beraneka ragam seperti bihun, sayur-sayuran, dan puree kentang. Perpaduan cita rasa kulitnya dengan rasa gurih dan tekstur renyah dengan isian beraneka rasa membuat pastel banyak digemari. Selain itu, harga dari kue pastel juga cukup murah dan anda dapat menemukannya di berbagai tempat.

Namun, bagaimana jika pastel dibuat dengan cita rasa manis? Apakah anda pernah mencobanya? Ya, sebagai alternatif dari pastel yang biasanya bercita rasa asin, saat ini pastel juga dibuat dengan cita rasa manis.

Sama seperti pastel dengan rasa asin, pastel manis juga dibuat dengan kulit pastel dan isian. Bahan baku yang dibutuhkan pun sebenarnya cukup sama namun anda membutuhkan bahan baku untuk memberi cita rasa manis seperti gula dan tepung manis instan. Untuk isiannya, anda dapat menggunakan berbagai bahan baku sesuai selera.

Disini, kita sajikan resep pastel manis yang dapat anda buat dengan mudah di rumah!

Resep Pastel Manis

Pastel merupakan salah satu kue basah yang keberadaanya sudah tidak asing lagi bagi kita. Bentuknya yang menyerupai bulan sabit dengan hiasan gelombang-gelombang kecil merupakan salah satu ciri khas dari kue pastel. Pada dasarnya, kue pastel termasuk ke dalam jenis pastry dengan isian yang dapat dimodifikasi sesuai selera. Kali ini kita akan membuat kue pastel dengan cita rasa manis yang dapat anda coba buat sendiri di rumah dengan mudah!

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, pastel manis prakits, resep pastel manis
Waktu Memasak 30 minutes
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

  • 70 gram tepung terigu protein rendah
  • 80 gram tepung pisang goreng instan
  • 3 sendok makan margarin cair
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 50 ml air hangat
  • meses atau selai cokelat
  • minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

  1. Siapkan sebuah wadah, campurkan tepung terigu protein rendah dengan tepung pisang goreng instan lalu aduk rata, sisihkan.

  2. Dalam wadah terpisah, larutkan pasta pandan menggunakan air hangat, sisihkan.

  3. Tuangkan margarin cair dan pasta pandan yang sudah dilarutkan ke dalam campuran tepung terigu, buat adonan hingga kalis.

  4. Bentuk adonan menjadi bulat lalu gilas dengan menggunakan rolling pin hingga adonan menjadi tipis.

  5. Cetak adonan menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan gelas plastik.

  6. Tambahkan meses atau isian cokelat lalu tutup adonan hingga rapat.

  7. Tekan dan pilin bagian pinggiran pastel sehingga membantuk seperti kepangan kecil.

  8. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang. Goreng pastel hingga kuning kecoklatan lalu tiriskan.

Pastel manis tentunya dapat menjadi alternatif varian cemilan untuk anda yangh sudah bosan dengan pilihan yang itu-itu saja. Perpaduan kulit pastry yang renyah dan lembutnya selai cokelat tentunya membyat pastel manis diatas sangat menggoda untuk disantap.

Selain selai cokelat, anda juga dapat menggunakan bahan baku lain untuk dijadikan isian dari pastel manis. Kacang hijau, selai kacang, dan krim dapat menjadi pilihan lain untuk memperkaya cita rasa dari pastel manis.

Baca Juga  Resep Bolu Kukus Ketan

Mungkin pastel manis tidak terlalu banyak dijual di pasaran, dan anda dapat dengan mudah membuatnya. Selamat membuat pastel manis di rumah!

(Baca juga: Resep Lupis Ketan Putih)

Tinggalkan komentar

Rating Resep