Resep Opor Sengkel dan Sayur Ala Chef Rudy Choirudin

Resep Opor Sengkel dan Sayur Ala Chef Rudy Choirudin

Hidangkan lezat dan enaknya sajian opor sengkelp dan sayur ala chef Rudy Choirudin sebagaimana resep yang ia bagikan di akun Facebooknya bernama Rasasayange. Resep yang dibagikan sekitar bulan Mei kemarin ini mendapatkan respon dan like yang cukup banyak. Penasaran seperti apa resepnya? Mari simak dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword opor daging, sayur opor
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 45 menit
Total Waktu 1 jam 5 menit
Porsi 8 Orang
Kalori 300 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Utama

  • 800 gram daging sengkel bersihkan
  • 4 buah kentang potong dadu, bersihkan
  • 150 gram buncir potong 2 cm
  • 2 buah wortel potong serasi

Bumbu yang Dihaluskan

  • 8 siung bawang putih
  • 16 buah bawang merah
  • 8 butir kemiri

Bahan dan Bumbu

  • 12 sdm minyak goreng
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 saschet Desaku Bubuk Opor
  • 500 ml santan sedang kentalnya
  • 2 sdt garam
  • 500 ml santan kental

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Opor Sengkel dan Sayur Ala chef Rudy

  1. Langkah pertama untuk membuat sajian kali ini anda hanya perlu untuk membersihkan daging sengkel sebagai bahan utama dari sajian ini. Caranya, masukkan daging kedalam wadah dan bawa sajian ini ke tempat cucian.

  2. Bersihkan daging dengan cara meremasnya dengan merata dan pastikan bahwa semua kotoran yang ada dalam daging dibersihkan dengan merata.

  3. Bila sudah bersih dan merata maka angkat sajian ini dan sisihkan lalu masukkan kembali kedalam baskom. Lalu kucuri sajian in dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata. Cara ini dilakukan untuk mengurangi bau amis yang ada pada daging.

  4. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan kentang. Bersihkan terlebih dahulu kentang secara merata dan cuci dengan mengguankan air bersih. Kemudian kupas dan bersihkan kulitnya.

  5. Potong kentang menjadi bentuk dadu dan masukkan dalam baskom berisikan dengan air. Lalu rendam sebentar. Bersihkan pula wortel, kupas kulitnya dan potong serasi dengan kentang yang sudah anda siapkan sebelumya.

  6. Nah, setelah semua bahan dipersiapkan dengan merata maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan meracik bumbu untuk sajian kali ini. 

Cara Membuat Opor Sengkel dan Sayur Ala chef Rudy

  1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan siapkan terlebih dahulu wajan diatas kompor dan nyalakan api sedang lalu tunggu sampai wajan menjadi lebih panas merata.

  2. Tuangkan minyak goreng kedalamnya sedikit saja dan panaskan dengan merata. Lalu tumis bumbu halus kedalamnya sambil diaduk-aduk secara merata hingga bumbu ini tercampur dan harum.

  3. Lalu kemduian anda akan dapat menuangkan santan kental kedalamnya. Campurkan pula Desaku Bubuk opor dan aduk-aduk denganm merata sampai larut dan santan mengembang serta matang.

  4. Masukkan bumbu sepeti gula dan garam sesuai dengan selera anda. Kemudian aduk-aduk dengan merata sampai bumbu tercampur kedalamnya dengan merata dan larut.

  5. Tuangkan daging sengkel bersama dengan kentang dan juga worterl. Lalu aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur dan merata bersama dengan bahan-bahan lainnya.

  6. Setelah wortel dan kentang agak matang dengan merata maka silahkan tuangkan buncis kedalamya dan aduk-aduk hingga layu dan matang secara merata serta tercampur dengan bahan-bahan lainnya.

  7. Tuangkan santan kental kedalamnya dan aduk-aduk secara merata bahan ini sampai santan menjadi lebih mendidih dan merata. Lalu kecilkan api ketika sudah mendidih maka angkat sajian ini dan matikan api.

Catatan Resep

Hidangkan sajian ini dalam wadah atau mangkuk lalu taburi bagian atasnya dengan menggunakan bawang goreng. Lalu nikmati selagi masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons