Resep Onde-Onde Ketawa

Resep Onde-Onde Ketawa – Once-onde tentunya merupakan sebuah sajian yang sudah tidak asing lagi bagi anda. Bentuknya yang bulat dengan balutan wijen di bagian luar menjadi ciri khas untuk cemilan dengan cita rasa manis dan tekstur renyah serta kenyal ini.

Pada umumnya, onde-onde ditambahkan dengan isian kacang hijau yang semakin menambah lezat cita rasanya. Saat ini, anda juga sapat menemukan onde-onde dengan varian isian yang beragam seperti cokelat dan keju yang tentunya dapat menjadi alternatif bagi anda yang merasa bosan dengan onde-onde berisi kacang hijau.

Namun, onde-onde dengan beragam varian isi sudah cukup banyak ditemui, dan mungkin anda menginginkan hidangan yang lebih unik. Nah, disini, kami akan bagikan kepada anda cara membuat onde-onde ketawa yang merupakan variasi unik dari kue onde-onde tradisional.

Pada dasarnya, kue onde ketawa merupakan onde-onde tanpa isian sehingga cara membuatnya pun lebih sederhana dan bahan baku yang dibutuhkan lebih sedikit. Dinamai onde-onde ketawa karena tampilan kuenya yang mengembang sehingga terlihat seperti ekspresi wajah saat tertawa dan menyerupai bolu kukus cup.

Yuk, segera kita coba resep onde-onde ketawa di bawah ini yang sangat praktis dan sederhana!

Resep Onde-Once Ketawa

Kue onde-onde ketawa merupakan salah satu hidangan unik yang cukup populer saat ini. Rasanya yang manis dengan teksturnya yang renyah banyak membuatnya digemari banyak orang. Tentu saja, onde-onde ketawa sangat pas disajikan sebagai cemilan sore hari sebagai teman minum teh anda. Ternyata membuat onde-onde ketawa cukup mudah lho, anda bisa mencoba membuatnya di rumah sekarang juga.

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, kue onde ketawa, resep onde ketawa
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

  • 2 butir telur ayam
  • 250 gram tepung terigu
  • 80 gram gula pasir
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 sendok makan margarin lelehkan
  • 1 sendok teh vanili
  • 100 gram wijen putih
  • minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

  1. Siapkan saringan, lalu ayak tepung terigu, vanili, dan baking powder secara bersamaan.

  2. Pada wadah terpisah, kocok telur dan gula pasir dengan menggunakan hand mixer sampai adonan mengembang.

  3. Masukkan campuran tepung terigu, vanili, dan baking powder yang sudah diayak tadi, aduk hingga merata.

  4. Setelah tercampur, masukkan mentega yang telah dilelehkan lalu aduk kembali sampai adonan bisa dibentuk.

  5. Bentuk adonan dengan sebesar kelerang atau sesuai dengan selera anda.

  6. Siapkan air matang, celupkan adonan onde-onde yang telah dibentuk tadi ke dalam air lalu gulingkan diatas wijen hingga bagian luar adonan terbalut dengan sempurna.

  7. Siapakan wajan lalu panaskan minyak dengan api sedang.

  8. Goreng adonan onde-onde ketawa sampai mengembang dengan baik dan berwarna kecoklatan.

  9. Tiriskan dan sajikan.

Onde-onde tentunya dapat dijadikan variasi camilan yang sangat mudah untuk dibuat. Bahan-baku yang digunakan sangat dapat ditemukan dimana saja dengan langkah pembuatan yang tidak membutuhkan waktu yang lama.

Selain rasanya yang lezat dan teksturnya yang renyah, onde-onde ketawa ini merupakan cemilan yang unik dan tentunya akan membuat orang-orang tergoda untuk mencobanya. Bentuknya yang tidak seperti onde-onde pada biasanya membuatnya tampak sangat menarik.

Onde-onde ketawa sangat pas disajikan sebagai cemilan untuk melengkapi waktu minum teh anda. Oleh karena itu, onde-onde ketawa lebih baik disajikan sesaat setelah ditiriskan saat tekstur renyahnya masih sangat terasa.

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Kue Cantik Manis Mutiara yang Enak, Sederhana dan Manis

Selamat mencoba membuat onde-onde ketawa di rumah!

(Baca juga: Resep Cheesecake Tanpa Oven)

Tinggalkan komentar

Rating Resep