Resep Mudah dan Sederhana Membuat Masakan Ikan Cakalang Kuah Asam

Ikan cakalang kuah asam yang akan kami bahas setelah anda mencobanya tentunya akan mampu mengoyahkan lidah anda.

Ikan cakalang adalah ikan yang hidupnya di air laut, ikan cakalang ini hampir mirip bentuknya dengan jenis ikan tuna. Namun ikan cakalang ini ikan yang tidak terlalu orang banyak mengenal. Nah sekarang akan kami beritahukan bahwa ikan cakalang ini memiliki dagingnya yang padat, serta memiliki rasanya yang lezat dan gurih. Selain itu ikan cakalang ini kaya akan manfaat, seperti mampu mengeah penuaan dini, kemudian mencegah anemia, lalu mampu mencegah penyakit reumatik. Adapun kandungan yang terdapat pada ikan cakalang ini berupa protein yang tinggi, lalu omega 3 serta kalsium.

Untuk mendapatkan ikan cakalang ini tidaklah sulit Karena bisa kita temukan di pasar tradisional ataupun supertmarket. Untuk harganyapun ikan cakalang ini cukup terjangkau. Berbicara masakan ikan cakalang memang tidak pernah ada habisnya, karena ikan cakalang ini sangat banyak sekali varian jenis memasaknya, seperti di buat gulai, di goreng ataupun dikuah. Nah, jika anda gemar dengan masakan ikan cakalang dengan dimasak kuah, kini kami hadirkan Resep Mudah dan Sederhana Membuat Masakan Ikan Cakalang Kuah Asam, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

ikan cakalang kuah asam

Nama Resep

Resep Mudah dan Sederhana Membuat Masakan Ikan Cakalang Kuah Asam

4.9 100

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Cakalang Kuah Asam

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan cakalang
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • garam secukupnya

Bahan Bumbu

  • 5 lembar daun jeruk
  • 5 lembar daun kunyit
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 5 buah bawang merah, diiris tipis
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 batang daun bawang, diiris memanjang
  • 2 buah tomat
  • 1 ikat daun kemangi (ambil daunnya)
  • 2 sendok makan air jeruk
  • 1 L air putih
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Cakalang Kuah Asam

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan cakalang di bersihkan, buang bagian isi perutnya, kemudian potong sesuai selera. Setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk nipis kemudian garam, diamkan sekitar 10 menit.sisihkan.
  2. Setelah itu panaskan air, kemudian setelah mendidih, masukan daun jeruk, kemudian daun kunyit dan juga serai.
  3. Setelah itu jangan lupa untuk mengecilkan api, kemudian masukan bawang merah dan jug cabai rawit, diamkan / didihkan sekitar 10 menit.
  4. Setelah itu masukan ikan cakalang, kemudian bawang merah, lalu tomat, garam, lalu masak menggunakan api sedang sekitar 5-10 menit.
  5. Setelah hendak mau diangkat, masukan daun kemangi kemduian air jeruk, masak kembali sebentar saja.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Mudah dan Sederhana Membuat Masakan Ikan Cakalang Kuah Asam yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang tentunya mudah didapatkan disekitar kita sertra cara pengolahan yang sangat mudah dan sederhana. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat, kelezatan tentunya akan menggugah selera makan anda. Hidangkan di tengah-tengah keluarga anda pada saat sedang makan malam. Dengan membuat masakan ikan cakalang kuah asam ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep Mudah dan Sederhana Membuat Masakan Ikan Cakalang Kuah Asam kepada teman, kerabat serta saudara tercinta anda. Jangan lupa pula untuk memberikan kometar pada kolom dibawah ini yang sudah kami sediakan, terima kasih

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons