Resep Mochi Gulung

Resep Mochi Gulung – Salah satu hal yang berkaitan dengan mochi pastinya daerah Sukabumi. Memang sajian yang satu ini sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas salah satu kota di Provinsi Jawa Barat tersebut. Anda sudah pasti dapat dengan mudah menemukannya saat anda berkunjung ke Sukabumi mulai dari yang dijajakan di pinggir jalan, toko oleh-oleh, hingga supermarket.

Kue mochi dikenal dengan bentuknya yang imut-imut seperti bola berukuran kecil dengan tekstur yang kenyal. Pada umumnya kue mochi selalu dilengkapi oleh isian untuk melengkapi cita rasa dasarnya yang manis sederhana. Bahan baku yang banyak digunakan sebagai isian mochi diantaranya kacang tanah, kacang hijau, keju, bahkan es krim. Selain itu, mochi juga pada umumnya dibaluri oleh tepung sehingga tidak lengket saat dipegang.

Menurut sejarah, mochi merupakan sajian yang berasal dari Jepang dan saat negara tersebut menjajah Indonesia, sajian tersebut banyak dibuat oleh warga pribumi. Semenjak itu, resep mochi banyak ditiru secara turun-temurun sehingga menjadi sajian yang banyak digemari oleh semua orang. Mochi seringkali dijadikan sebagai cemilan yang sangat pas untuk dihidangkan bersama teh hangat.

Jika biasanya mochi dibentuk bulat, kali ini kita akan membuat mochi dengan bentuk gulungan yang tentunya lebih unik. Cara membuat mochi gulung ini ternyata sangat mudah dibuat di rumah lho. Pastinya mochi gulung akan menjadi cemilan unik untuk anda yang sudah bosan dengan cemilan yang itu-itu saja.

Yuk kita simak cara resep mochi gulung di bawah ini!

 

Resep Mochi Gulung

Siapa yang tidak kenal mochi? Makanan yang satu ini banyak dikenal sebagai oleh-oleh khas daerah Sukabumi. Sebenarnya cita rasa mochi sangatlah sederhana yaitu dengan rasa manis gula sebagai rasa dasarnya. Oleh karena itu, mochi selalu diisi dengan bahan baku tambahan seperti kacang, coklat, bahlan es krim. Jika biasanya mochi berbentuk bulat-bulat kecil dengan tekstur yang kenyal, disini kita akan membuat moci dengan bentuk gulungan yang sangat unik!

Waktu Memasak 45 minutes
Porsi 15 buah

Bahan-bahan

  • 40 gram tepung terigu protein sedang
  • 140 gram tepung ketan
  • 125 gram gula pasir
  • 250 ml santan cair
  • 1/2 sdt garam
  • selai kacang secukupnya
  • kacang wijen sangrai secukupnya
  • pewarna merah secukupnya

Langkah-langkah

  1. Siapkan panci, didihkan santan dan gula pasir. Jika anda ingin membuat moci warna merah, teteskan pewarna makanan secukupnya.

  2. Siapkan wadah terpisah, campurkan tepung terigu, tepung ketan, dan garam hingga merata. Tuangkan campuran santan ke dalam campuran tepung secara perlahan lalu aduk hingga adonan menjadi kalis.

  3. Siapkan loyang kecil berukuran 20 x 20 cm lalu olesi dengan minyak atau mentega. Tuangkan adonan ke dalam loyang.

  4. Panaskan kukusan berukuran sedang lalu kukus adonan moci selama sekitar 20 menit.

  5. Siapkan wadah plastik atau alas tahan panas lalu keluarkan adonan dari loyang dan letakkan adonan.

  6. Olesi bagian atas adonan mochi dengan selai kacang lalu gulung adonan.

  7. Taburi mochi yang telah digulung dengan wijen, potong potong menjadi beberapa bagian.

  8. Letakkan mochi gulung yang telah dipotong di atas piring lalu sajikan.

Kue mochi yang merupakan perpaduan dari tepung beras dan tepung ketan ini dibuat lebih unik dengan cara digulung yang berbeda dari mochi pada umumnya yang berbentuk bulat. Selain selai kacang, anda juga dapat mengganti bahan pelengkap mochi gulung dengan bahan lain seperti selai cokelat atau pasta pandan. Bahkan, anda juga dapat menambahkan kacang tanah sangrai cincang untuk menambah cita rasanya.

Baca Juga  Resep Kue Lumpang

Tinggalkan komentar

Rating Resep