Resep Mendol Tempe Kering yang Enak dan Gurih

Resep Mendol Tempe Kering yang Enak dan Gurih

Sajikan lezat dan nikmatnya hidangan mendol tempe khas Jawa yang enak dan garing. Sajian ini akan bisa anda jadikan cemilan mengisi waktu luang anda bersama dengan keluarga. Pembuatan hidangan ini cukup mudah dan bahan yang digunakanpun cukup sederhana. Penasaran seperti apa saja resepnya? Mari simak dibawah ini informasinya hanya untuk anda. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword mendol tempe, tempe goreng kreasi
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 15 Buah
Kalori 257 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 500 gram minyak untuk menggoreng
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 sendok makan daun bawang iris halus
  • 1 sendok teh garam

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 butir bawang merah
  • 2 cm kencur
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 2 siung bawang putih

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Mendol Tempe Kering yang Enak dan Gurih:

  1. Sebelum meramu bumbu untuk masakan kali ini akan lebih baik bila kita simak terlebih dahulu langkah persiapan dalam membuat sajian kali ini. Persiapan berisikan beberapa langkah mengolah bahan yang caranya tidak dicantumkan diresep. Maka dari itu, dengan menyimak langkah persiapan maka anda akan sangat terbantu menyajikan hidangan kali ini. 

  2. Adapun persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan adalah menyiapkan sebuah pisau dan sebuah tatakan. Kemudian silahkan potong tempe dengan ukuran yang lebih kecil dan masukkan dalam wadah.

  3. Dalam sebuah wadah yang sedang silahkan hancurkan tempe dengan kasar secara merata. Gunakan ulekan atau anda bisa menggunakan pemukul yang cukup berat. Setelah tempe menjadi hancur dan berbentuk serpihan yang kasar maka hentikan menumbuk tempe.

  4. Sisihkan tempe didalam baskom nantinya bahan ini akan kita campurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata. Untuk bahan yang perlu diiris maka silahkan iris dengan halus. Gunakan pisau dan iris diatas tatakan untuk memudahkan anda melakukannya.

  5. Bila sudah selesai maka tentu anda akan dapat menyimak langkah untuk membuat hidangan mendol tempe kali ini. Simak langkah-langkahnya dibawah ini dengan seksama.

Cara Membuat Mendol Tempe Kering yang Enak dan Gurih:

  1. Untuk membuat sajian mendol tempe silahkan campurkan bahan pelengkap seperti daun bawang yang sudah anda iris dengan halus dan merata. Lalu aduk dengan merata semua bahan ini sampai adonan tercampur merata.

  2. Baru setelah itu, masukkan daun jeruk dan bumbui bahan ini dengan menggunakan gula pasir dan juga garam. Lalu aduk dengan merata sampai garam dan gula tercampur bersama dengan adonan.

  3. Lalu setelah itu, tuangkan bumbu halus dan aduk-aduk kembali hingga semuanya tercampur merata dan teraduk bersama dengan bahan-bahan yang anda masukkan sebelumnya. 

  4. Bila adonan sudah tercampur merata maka ambil sedikit adonan, bentuk dengan pipih lalu kemudian sisihkan dalam sebuah wadah dialasi dengan menggunakan plastik agar tidak lengket.

  5. Ulangi langkah ini sampai adonan habis tercetak semua. Baru kemudian siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Kemudian nyalakan api yang sedang dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas merata. 

  6.  Bila sudah panas silahkan masukkan mendol tempe kedalam minyak panas dan goreng sajian ini sampai matang merata. Jangan lupa dibulak-balik agar sajian ini matang dengan merata. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang silahkan angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian hidangan ini dapat anda sajikan dan nikmati.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons