Resep Membuat Tempe Tumis Tongseng yang Mantap dan Segar

Resep Membuat Tempe Tumis Tongseng yang Mantap dan Segar

Sajikan dan nikmati lezatnya tempe tumis tongseng yang enak. Sajian ini adalah kreasi yang unik dan berbeda dari sebuah tempe dimana penikmatnya akan mencicipi citarasa baru dari bumbu tongseng berisikan tempe yang enak dan sehat. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword tempe tumis, tongseng tempe
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 15 menit
Total Waktu 25 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 188 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 3 buah ampela
  • 1 buah tomat dipotong-potong
  • 2 siung bawang putih diiris
  • 6 butir bawang merah diiris
  • 2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 4 lembar kol dipotong-potong
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 750 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kari kambing bubuk
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Tempe Tumis Tongseng yang Mantap dan Segar:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyimak langkah persiapan kali ini. Hal ini dikarenakan langkah persiapan berisikan tentang beberapa cara mengolah bahan yang caranya tidak dicantumkan pada resep. Dengan menyimak langkah persiapan kali ini maka anda akan lebih mudah untuk membuat sajian kali ini. 

  2. Bahan pertama yang penting untuk dipersiapkan terlebih dahulu adalah tempenya. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu sebuah pisau, tatakan dan sebuah wadah. Kemudian silahkan potong tempe dengan bentuk kotak secara merata.

  3. Bila sudah selesai kemudian masukkan tempe kedalam wadag dan sisihkan sementara. Lanjutkan dengan menyiapkan sebuah wajan lalu masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.

  4. Baru kemudian goreng potongan tempe kedalamnya sampai matang dan merata. Jangan lupa diaduk dan dibalik agar tempe matang secara bersamaan. Setelah selesai silahkan angkat tempe dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara sajian ini.

  5. Untuk ampela, silahkan bersihkan bahan ini dengan merata menggunakan air yang mengalir. Kemudian setelah itu, baru rebus dalam sebuah panci sampai matang dan merata. 

  6. Angkat sajian ini dan potong-potong ampela dengan bentuk memanjang secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini dengan merata. 

Cara Membuat Tempe Tumis Tongseng yang Mantap dan Segar:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah, silahkan terlebih dahulu siapkan sebuah wajan. Lalu masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dan merata. 

  2. Baru kemudian tumis bawang merah dan bawang putih kedalamnya. Lalut uangkan daun jeruk dan tumisa sajian ini dengan terus diaduk sampai tercium aroma harum yang enak.

  3. Kemudian setelah itu, tuangkan potongan tempe yang sudah digoreng kedalamnya bersama dengan ampela ayam yang sudah direbus dengan merata. Kemumdian aduk-aduk secara merata bahan ini. 

  4. Setelah itu, baru masukkan potongan kol berama dengan tomat yang sudah anda siapkan sebelumnya. Aduk-aduk dan masak sajian ini sampai layu dan merata.

  5. Baru tuangkan santan kedalamnya dan masukkan pula kari kambing bubuk. Lalu bumbui dengan kecap manis, kemuian garam, merica bubuk dan juga gula pasri. Setelah itu, kemudian aduk-aduk semua sajian ini engan merata hingga tercampur.

  6. Masak sebentar agar bumbu meresap kedalam tempe dan ampela secara merata. Setelah itu, baru matikan kompor.

Catatan Resep

Hidangan ini kemudian akan tentu dapat anda sajikan dalam mangkuk saji dan nikmati tongseng tempe ini bersama dengan sepiring nasi hangat yang enak.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons