Resep Membuat Tempe Kemul Tabur Daun Jeruk Kering yang Enak

Resep Membuat Tempe Kemul Tabur Daun Jeruk Kering yang Enak

Nikmati enak dan sedapnya sajian tempe kemul yang garing dan gurih. Hidangan ini akan tentu dapat anda sajikan di rumah dengan mudah dan sederhana. Cocok sekali menjadikan hidangan ini sebagai pendamping hidangan utama di rumah. Nah, untuk anda yang penasaran seperti apa saja resepnya, maka mari kita simak informasinya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword tempe goreng tepung, tempe kemul goreng
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 12 Biji
Kalori 154 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tempe kemul

Bahan Pencelup:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 5 lembar daun jeruk, diiris halus
  • 25 gram tepung sagu
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 3/4 sendok teh garam
  • 275 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih utuh, digoreng
  • 3 buah kemiri, disangrai
  • 1 cm kunyit, dibakar

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Tempe Kemul Tabur Daun Jeruk Kering yang Enak:

  1. Langkah pertama untuk mengawali persiapan resep kali ini silahkan siapkan sebuah pisau bersama dengan sebuah tatakan. Kemudian ambil tempe dan kerat-kerat sajian ini dengan merata perlahan saja dan jangan terlalu dalam. 

  2. Setelah itu, kemudian anda akan dapat memotong tempe dengan bentuk yang tipis melebar. Setelah selesai masukkan tempe dalam sebuah wadah dan nantinya bahan ini akan dapat dicampur dengan bahan lainnya. 

  3. Selesai dengan tempe pastikan anda menghaluskan bumbu halus yang ada pada resep. Lakukan cara ini dengan menggunakan mesin blender atau dengan menggunakan ulekan.

  4. Sisihkan bumbu halus dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

  5. Nah, setelah selesai dengan rangkaian cara persiapan diatas maka anda akan dapat melanjutkan dengan cara meracik bumbu untuk sajian kali ini. Penasaran seperti apa langkahnya mari simak dibawah ini. 

Cara Membuat Tempe Kemul Tabur Daun Jeruk Kering yang Enak:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara menyiapkan bahan pencelup terlebih dahulu. Caranya silahkan terlebih dahulu siapkan sebuah wadah lalu masukkan tepung terigu bersama dengan tepung sagu kedalamnya. Lalu aduk dan campurkan dengan merata. 

  2. Setelah bahan kering ini tercampur silahkan masukkan bumbu seperti garam dan ketumbar dan daun bawang. Lalu aduk dengan merata kemudian masukkan santan kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata sampai larut dan tercampur.

  3. Bila sudah selesai baru taburi daun jeruk yang sudah diiris kedalamnya. Kemudian aduk-aduk bahan ini dengan merata hingga tercampur.

  4. Ketika semua bahan tercampur merata maka anda akan dapat menuangkan bumbu halus kedalamnya. Kemudian aduk-aduk semua sajian ini hingga larut dan tercampur merata.

  5. Siapkan sebuah wajan dan tuangkan minyak kedalamnya. Lalu panaskan minyak dengan api sedang pada kompor. Ketika minyak sudah panas maka anda akan dapat mencelupkan tempe kemul kedalam bahan pencelup tiriskan sebentar dan masukkan dalam minyak panas. 

  6. Jangan lupa dibulak-balik agar bahan ini matang dan kering dengan merata. Usahakan minyak merendam gorengan tempe kali ini agar sajian ini menjadi lebih kering dan matang merata.

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka angkat sajian ini dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara agar minyaknya lebih meniris. Baru setelah itu, hidangan ini akan dapat anda nikmati.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons