Resep Membuat Tempe Goreng Kelapa Gurih yang Kering

Resep Membuat Tempe Goreng Kelapa Gurih yang Kering

Campuran kelapa kedalam sajian tempe goreng tepung mampu memberikannya rasa gurih yang lebih nikmat. Selain itu, pemberian kelapa pada sajian ini akan dapat membuat gorengan menjadi lebih renyah. Nah, bagi anda yang juga tertarik menyajikan hidangan yang satu ini di rumah maka tak perlu khawatir anda akan dapat membuat sajian ini di rumah.

Untuk masalah resep dan tata cara melakukannya, tak perlu khawatir dibawah ini adalah beberapa cara dan kumpulan resep yang akan dapat anda simak. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword tempe goreng kelapa, tempe goreng tepung
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 15 Buah
Kalori 198 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe

Bahan Pencelup:

  • 1 batang daun bawang, diiris tipis
  • 250 ml air
  • 75 gram tepung terigu
  • 75 gram kelapa parut kasar
  • 25 gram tepung beras
  • 4 buah cabai rawit merah, diiris tipis
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 cm kunyit, dibakar
  • 1/4 sendok teh gula pasir

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Tempe Goreng Kelapa Gurih yang Kering:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan dahulukan mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

  2. Adapun bahan pertama yang perlu dipersiapkan adalah tempenya. Untuk mengolah bahan ini anda akan dapat melakukannya dengan cara siapkan terlebih dahulu sebuah tatakan dan sebuah pisau. Kemudian silahkan potong tempe kira-kira dengan ukuran 5x8x1/2 cm.

  3. Setelah selesai masukkan tempe kedalam wadah dan sisihkan sementara bahan ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

  4. Langkah selanjutnya silahkan haluskan bumbu halus dengan merata. Anda bisa menggunakan ulekan atau dengan menggunakan mesin blender pada saat menghaluskan sajian ini. Lalu sisihkan.

  5. Apabila langkah persiapan diatas sudah anda lakukan dengan keseluruhan. Maka anda akan siap membuat racikan bumbu pada sajian kali ini. Mari simak cara pembuatan hidangan tempe goreng kelapa kali ini.

Cara Membuat Tempe Goreng Kelapa Gurih yang Kering:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, silahkan siapkan terlebih dahulu sebuah wadah dengan ukuran yang sedang dan tidak terlalu besar. Kemudian tuangkan tepung terigu kedalamnya dan masukkan air. Lalu aduk dengan merata.

  2. Masukkan pula tepung beras dan berikan dengan cabai rawit bersama dengan daun bawang. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata dan terakhir masukkan parutan kepala kedalamnya.

  3. Aduk-aduk semua sajian yang baru saja dimasukkan agar larut dan tercampur dengan merata. Lalu masukkan pula bumbu halus kedalamnya dan aduk dengan merata hingga semua bahan ini tercampur dan merata.

  4. Kemudian setelah itu, sisihkan sementara sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

  5. Panaskan sebuah wajan diatas kompor dengan api yang sedang. Lalu masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata. 

  6. Ketika hendak menggoreng sajian ini maka anda akan dapat mencelupkan potongan tempe kedalam bahan pencelup dengan merata. Lalu masukkan dalam minyak panas dan goreng sajian ini sampai matang. 

  7. Jangan lupa dibulak-balik agar sajian ini menjadi lebih matang dengan merata. Angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara agar minyaknya meniris.

Catatan Resep

Baru setelah itu, anda akan dapat menyajikan hidangan ini dan menikmatinya ketika masih hangat dan lezat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons