Resep Membuat Tempe Goreng Geprek Teri Bumbu Pedas

 

Resep Membuat Tempe Goreng Geprek Teri Bumbu Pedas

Nikmati lezatnya hidangan tempe goreng geprek teri bumbu pedas yang enak dan mantap. Sajian kali ini terbilang mudah cara pembuatannya dan akan tentu bisa anda buat di rumah. Dijadikan sebagai santapan menu utama di rumah tentu saja hidangan ini akan lebih nikmat. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword tempe geprek, tempe goreng teri
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 4 Porsi
Kalori 201 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 50 gram teri nasi
  • 1 sendok teh garam
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 200 ml air

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 6 butir bawang merah, digoreng
  • 1 buah tomat, digoreng
  • 1 sendok teh terasi, digoreng
  • 4 siung bawang putih, digoreng
  • 6 buah cabai rawit, digoreng
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 5 buah cabai merah keriting, digoreng

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Tempe Goreng Geprek Teri Bumbu Pedas:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Cara ini menjadi langkah penting yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik. Sebab dengan memperhatikan langkah persiapan maka anda akan lebih mudah membuat sajian kali ini.

  2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan terlebih dahulu adalah tempenya. Sebelum dimasak dan dibumbui sajian ini perlu kita potong-potong terlebih dahulu dengan menggunakan pisau. Caranya, siapkan sebuah pisau dan potong tempe dengan ukuran yang lebih tipis.

  3. Bila sudah selesai sisihkan sajian ini sebelum nantinya bahan ini dicampur dan dimasak menggunakan bumbu-bumbu lainnya dengan merata. 

  4. Sementara untuk teri nasi, bahan ini akan perlu anda seduh. Caranya siapkan sebuah wadah dan isikan air kedalamnya untuk kemudian masukkan teri nasi kedalamnya dan seduh selama beberapa saat sajian ini. 

  5. Selesai menyeduh sajian ini maka silahkan anda akan dapat menyiapkan sebuah wajan dan isikan minyak kedalamnya. Kemudian tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dengan merata. 

  6. Baru kemudian masukkan teri nasi kedalamnya dan goreng sajian ini dengan merata hingga matang. Aduk dengan menggunakan serokkan agar matangnya merata. Angkat dan sisihkan sementara. 

Cara Membuat Membuat Tempe Goreng Geprek Teri Bumbu Pedas:

  1. Untuk membuat sajian ini anda akan dapat melakukannya dengan cara lumuri terlebih dahulu tempe dengan menggunakan campuran bumbu seperti garam, ketumbar bubuk bersama dengan merica yang dicampurkan dengan air. Lalu aduk dengan merata sampai tercampur. 

  2. Masukkan potongan tempe kedalamnya dan rendam sementara sajian ini sampai bumbu meresap dengan merata dan sempurna kedalam sajian ini. 

  3. Setelah itu, kemudian siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu panaskan wajan hingga minyak menjadi lebih matang dengan merata. 

  4. Masukkan tempe yang sudah diberikan bumbu lumuran dengan merata. Goreng sajian ini sampai matang dan merata. Angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara ketika sajian ini telah matang. 

  5. Setelah itu, haluskan terlebih dahulu beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih bersama dengan cabai merah. Lalu masukkan kembali beberapa bahan seperti cabai rawit, tomat dan terasi. Lalu bumbui dengan garam dan gula pasir.

  6. Ulek dan haluskan sajian ini hingga merata. Sebelum dihidangkan tempe perlu anda geprek dengan merata. Baru hidangkan sambal dibagian atasnya dan taburi dengan menggunakan teri. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka sajian ini akan dapat anda hidangkan dan dinikmati selagi masih hangat. Hidangan ini akan tentu dapat anda nikmati selagi masih hangat dan segar.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons